Monday 10 June 2013

A Theatrical Prostitute's Wishlist

Ini terjadi tepat seminggu yang lalu. Tapi karena, seperti biasa, gue mager banget mau ngeblog, jadi baru gue post hari ini. Ini pun kenapa akhirnya gue post karena kalo kelamaan lagi bakal jadi basi ceritanya. Entar gue dimarahin sama Cinta, lagi. #BelomMoveOnDariAADC

Jadi Senin (3/6) kemaren gue diminta tampil buat baca puisi di pembukaan pameran Caang (Calon Anggota) KAPHAC32. Suatu hal yang biasa buat gue, sebagai anggota Teater Kinasih, untuk melakukan happening art atau baca puisi di acara-acara yang diadakan UKM laen di kampus gue. Dan gue pun pernah, walaupun gag pake nama Teater Kinasih, dipercaya untuk baca puisi di penutupan rangkaian lomba menyambut ulang tahun kampus gue. Nah, yang gag biasa adalah kali ini gue baca puisi 'dibayar'. Kenapa kata 'dibayar' nya pake tanda petik? Begini ceritanya...

Mari flashback dikit ke bulan Mei.

Hari Jumat (24/5), Juju (bukan nama sebenarnya) yang merupakan salah satu caang yang mau ngadain pameran bilang ke gue di kelas EPMC kalo gue dan Bayu diminta untuk baca puisi buat pembukaan pameran di hari Senin (3/6). Gue iyahin dan Juju bilang gue bakal dikabarin lagi nanti. Udah kan tuh.

Selasa (28/5), Juju hubungin gue lagi. Gue diminta nemuin dia abis gue kelas. Saat itu keadaannya gue harus nganterin undangan pementasan ke teater laen juga. Maka sebelom gue nemuin Juju, abis kelas gue ke sekret dulu ambil undangan yang bakal gue sebar sore itu. Pas ketemu Juju, gue dikabarin kalo para caang gag jadi make Bayu. Jadi nanti yang bakal baca puisi di pembukaan cuma gue aja. Juju bilang kalo pas rapat, caang yang laen maunya yang baca puisi nanti cewek aja. Terus gue tanya, kenapa gag Addis aja. Toh dia kan lebih ekspresif kalo baca puisi. Juju bilang Addis udah keseringan dipake (?). Anak-anak udah bosen (sori Dis, bukan gue yang ngomong :D). Jadi semua caang mayoritas pada milih gue buat baca puisi di pembukaan pameran nanti.

Gue sebagai manusia yang gampang flattered, tentu saja berbunga-bunga dibilang gitu. Udah gitu, si Juju pake bilang kalo penampilan terakhir gue pas baca puisi bareng-bareng Teater Kinasih di acara Kremmasi beberapa minggu yang lalu tuh keren. Hih, padahal mah itu penampilan paling kacrut karena kata Ulil suara gue gag kedengeran zzz...

Jadilah gue iyahin aja. Berati gue tinggal bikin puisi yang sesuai buat dibacain Senin nanti. Itu dia PR gue. Gue udah lama gag bikin puisi. Gue ngerinya gag bisa bikin puisi yang oke buat pembukaan pameran nanti. Ah tapi gue pikir, selow. Masih ada 5 hari menuju pembukaan. Mungkin seiring berjalannya waktu, ada kali ah inspirasi mah. Udah gitu kan gue dikasih clue bakal ada apa aja di pameran nanti.

Gue pikir kan udah selesai tuh. Tapi tautau Juju bilang gini ke gue:
"Oh iya Sher, gue dan anak-anak gag bisa ngasih bayaran nih buat penampilan lo nanti. Yah lo tau lah keadaan keuangan kita. Ini aja ngadaiinnya sampe ngos-ngosan nyari sponsor segala macem. Jadi palingan nanti gue bakal ngasih gag berupa uang tapi sesuatu yang lo suka aja."
Gue dibilangin kek gitu mah kaget dong. Hih, gue mah mau manggung kagak usah dikasih apa-apa juga selow. Apalagi ini dalam rangka bantuin temen yekan. Tanpa bermaksud basa-basi, gue bilang ke Juju gag usah pake begonoan segala. Tapi Juju semacam bersikeras gitu kan. Kata dia sebagai balas jasa. Lah?

Kata Juju, penawaran itu adalah kesepakatan bocah-bocah caang. Dia bilang karena dana terbatas, jadinya gue bakal dikasih apa yang gue mau. Kalo kata Juju, boleh makanan kesukaan gue atau apa yang gue mau. Pokoknya terserah.

Gue mikir dong yah disuruh begono. gue minta apaan. Kalo gue anak ben sih, palingan gue minta dalam raider (bener gag tuh spellingnyah?) supaya dressing room gue dipenuhi sama glitter warna emas. Etapi gue kan bukan anak ben dan pasti nanti bocah-bocah caang KAPHAC32 gag bakal nyediain dressing room. Gue gag mungkin minta seloyang tiramisu Harvest sama mereka. Itu ngelunjak namanya. Tapi saat itu di kepala gue cuma ada itu doang. Hih, kan mihil. Mending gue dikasih mentahnya aja yekan. Hahahaha....

Jadi gue bilang ke Juju kalo gue belom kepikiran mau minta apa. Karena kalo dia bilang terserah gue, permintaan gue saat itu akan sangat tidak tahu diri. Supaya aman, mending gue pikirin dulu apa yang gue minta.

Setelah urusan wishlist selesai, gue cabut berpetualang nyebar undangan pementasan ke teater kampus sekitar Lenteng Agung dan Depok.

Fast-forward ke hari Minggu (2/6).

Jam 1 siang gue nyampe kampus dalam rangka latihan dan gladiresik buat manggung di acara malam perenungan HIV/AIDS di walikota Depok. Gue menuju tempat latian lewat depan ruang tivi yang nantinya bakal dipake buat anak-anak caang KAPHAC32 ngadain pameran. Eh pas jalan, gue dipanggil Juju. Dia nanyain kesiapan gue buat besok. Gue bilang siap dong ah. Terus Juju mau liat puisi yang bakal gue bawain besok. Karena puisinya belom jadi, gue bilang aja ada di flashdisk dan belom gue print. HAHAHAHAHA.... Maap ya Ju. *ciyum Juju*

Bukan maksud gue gag profesional. But making a poem nowadays seems hard for me. Kemaren ge kalo gag dipaksain ampe jam 4 pagi DI HARI SENIN, gag bakalan itu puisi jadi.

Tapi alhamdulillah, puisinya jadi juga. Nih penampakan puisi yang gue bikin dalam keadaan zombie mode: on:

TIK TOK TIK TOK TIK TOK

JARUM DETIK BERDETAK

MENEMANI SEGALA YANG HIDUP DI BUMI



TIK TOK TIK TOK TIK TOK

JARUM DETIK TERUS SAJA BERDETAK

MENGIRINGI SETIAP LANGKAH YANG DICIPTAKAN MANUSIA



TAK TERKECUALI LANGKAH PARA PENANGKAP CITRA



BERSAMA TIAP DETIK YANG BERDETAK, MEREKA MENANGKAP SETIAP PERISTIWA

DAN MEMBINGKAINYA DALAM SEBUAH POTRET



POTRET TENTANG PARA MANUSIA DI BUMI

YANG MENJALANI RUTINITAS MEREKA MASING-MASING

HINGGA MENJADI SEBUAHPERISTIWA YANG MENARIK UNTUK DIABADIKAN DALAM SEBUAH POTRET



TENTANG KERIAAN DI MALAM HARI

TENTANG CANDA TAWA ANAK-ANAK YANG BERMAIN BOLA DI KOLONG LANGIT

TENTANG PARA PEREMPUAN PERKASA PENJUAL JAMU GENDONG

TENTANG SEMANGAT PARA DIFABEL MENJALANI KEHIDUPAN

SAMPAI KESUNGGUHAN MANUSIA MENJALANKAN AKTIVITAS UNTUK MENYEGARKAN JIWA-JIWA MEREKA YANG LETIH



SEMUA ITULAH YANG DIHADIRKAN OLEH PARA PENANGKAP CITRA, PEMBINGKAI POTRET

DITEMANI JARUM DETIK YANG BERDETAK DALAM SETIAP LANGKAH MEREKA



INILAH PERSEMBAHAN CAANG 17 KHAPAC



ROUTINES

Puisinya gag ada judul. Gue jarang bikin puisi dengan judul. Kalo pun lo liat puisi gue yang ada judulnya, itu hanya memenuhi request pembaca puisi gue atau untuk gue posting di media sosial. Sebut saja puisi yang di atas itu berjudul ROUTINES. Gue samain kayak tema pamerannya.

Selesai itu puisi gue bacain, gue langsung dikasih minum sama salah satu caang. Namanya Tinus. Dia kasih gue pilihan susu putih atau es kopi. Tentulah gue pilih es kopi.

Pas gue cabut setelah acara seremonial selesai dan ngider liat-liat foto di pameran itu, Juju nyamperin gue nanyain apa yang gue mau. Hah, saat itu saya sudah tau mau apa. *tring!*

Gue minta susu coklat Ultra seliter, Goodtime Double Chocochips Cookies, dan Dunhill Menthol. Ahik ahik...

Juju nanya apa gue mau nasi juga. Gue bilang gag usah. Karena saat itu pun gue lagi gag laper karena tubuh dalam keadaan setelah menstruasi. Dimana biasanya saat kayak gitu, motivasi gue makan adalah hanya untuk formalitas saja. Jadi gue minta 3 hal itu saja.

Sebelom akhirnya gue memutuskan untuk minta 3 hal itu, gue sempet konsultasi sama Bayu. Enaknya gue minta apa sama Juju. Bayu suruh gue minta rokok se slop. Deh ileh. Salah banget gue nanya sama doi zzz...

Sempet kepikiran untuk minta nastel, lollipop Chupa Chups, dan Dunhill Menthol. Tapi mengingat keadaan tubuh yang lagi gag begitu membutuhkan asupan makanan berat, gue pikir gag usah deh.

Pengen juga beneran meminta hal yang bener-bener gue suka sama Juju yaitu seloyang tiramisu Harvest. Etapi nanti reputasi gue dan terutama mbak Kinasih jadi jelek gegara permintaan gue yang begitu gag tau diri.

Jadilah gue memutuskan untuk minta 3 hal yang tadi udah gue sebutin. Alesannya, 3 hal itu affordable. Susu coklat dan chocochips cookies emang kesukaan gue banget kan. Terus Dunhill Menthiol, emm, gue udah lama gag ngudud itu rokok. Pengen beli cuma rasanya beraaattt sekali mengeluarkan 18k dari dompet. Itu rokok emang mihil sekarang. Dulu pas jaman SMA mah cuma 13k, paling mahal 14k. Sekarang, duh, sebungkus Dunhill bisa dapet 2 bungkus Sampoerna Kretek cuy. Hahah. Jadi enaknya gue minta dibeliin aja. Momennya pas pun yekan. xD

Pas gue lagi nongkrong di sekret nemenin Bayu nyoba-nyoba lampu, Juju sms gue suru nyamperin dia buat ngambil pesenan gue. Asiiiikkk... Dunhill~ *pole dancing*
Upah pertama sebagai Theatrical Prostitute
Kenapa dibeliinnya Frisian Flag bukan Ultra? Karena Indomaret di seberang kampus gag jual Ultra seliter. Kata Juju, susu coklat yang ukurannya paling gede cuma Frisian Flag. Gapapa deh. Yang penting judulnya susu coklat. Ukuran gede. Hahah!

Sekarang jadinya gue gag perlu bingung lagi kalo ditawarin sesuatu sebagai upah mentas di acara low budget. Gue udah punya wishlist nya sekarang. Hehe~

Tapi tetep, gue bakal minta seloyang tiramisu Harvest kalo yang ngadaiin acara punya budget fantastis. Tentu saja ditambah dengan wishlist reguler gue. xD *ngelunjak*

That's all folks!





No comments:

Post a Comment