Monday 1 September 2014

Ketika di Rumah. Sendirian...

Kemaren siang (31/8), gue bangun tidur dengan perasaan lapar yang amat sangat. Turun lah gue ke dapur untuk mulai memikirkan harus masak apa biar perut gue terisi.

Ih tumbenan Sher masak sendiri?

Iya. Gue masak sendiri karena gue lagi ditinggal ke Lampung sama orangtua gue sejak hari Jumat (29/8). Jadinya ya bisa deh gue ngacak-ngacak dapur dan masak pake teflon cakeup nya nyokap.

Sempet kepikiran buat cabut maem di luar. Namun panasnya matahari di Minggu siang membuat gue mengurungkan niat. Maka segeralah gue lokit-lokit bahan mentah apa yang ada di kulkas dan lemari. Di kulkas tertumpuk semua daging dan seafood yang emang ditimbun nyokap untuk tetap masak makanan enak walopun lagi cekak. Terus di lemari ada kentang. Asiiikkk...

Terus gue lokit resep di internet buat nyari masakan apa yang bisa gue bikin dengan bahan yang ada. Namun hasilnya gag memuaskan. Akhirnya gue pun mulae eksperimen untuk nyiptain masakan sendiri.

Bahan-bahan yang ada antara lain:
- Kentang
- Dada ayam fillet
- Telur
- Bawang putih
- Bawang bombay
- Susu cair
- Kornet

Lagi kebingungan mau bikin apaan lalu teringat kalo nyokap punya seplastik fettucinni yang udah dihalalkan buat disalahgunakan sama gue. Akhirnya sambil mikir, gue pun ngerebus itu fettucine. Sambil ngerebus, gue keluarin itu dada ayam fillet dan bawang bombay.

Gue baru kepikiran mau bikin apa pas fettucinne nya gue masukin ke air mendidih.

Itu fetucinne mau gue perlakukan kayak mie goreng rasa Cina kek yang nyokap gue biasa bikin. Maka gue mulai ngiris-ngiris satu fillet dada ayam gede jadi kotak-kotak sedang. Terus gue iris tipis memanjang setengah butir bawang bombay. Abis itu gue geprek 3 butir bawang putih. Itu bawang putih sesuai selera aja kok. Kalo doyan, boleh dilebihin. Kalo gag doyan, sebutir juga cukup. Terus biar ada 'warnanya', gue iris tipis 5 buah cabe merah keriting.

Oh ya. Fettucinne nya gue gag tau kemaren itu beratnya berapa. Setengah kilo mungkin ya. Hehe..

Terus setelah fettucinne nya kelar direbus dan disaring, gue pun numis bawang putih, bawang bombay dan cabe merah keritingnya sampe harum. Lalu gue masukin itu potongan fillet dada ayam dan gue oseng-oseng sampe mateng. Abis dada ayam filletnya mateng, baru deh gue masukin fettucinne nya. Setelah gue aduk sampe rata, gue tambahin 2 sendok makan saus tiram, 1 sendok makan kecap ikan dan royco rasa ayam secukupnya. Terakhir gue tambahin pepper flakes semaunya karena gue tau pepper flakes yang gue pakek gag bakal sepedes sambel Lampung cap jempol. Fettucinne nya selesai dimasak kalo pepper flakesnya udah kecampur rata.

Jadi deh satu masakan. Gue namain masakan gue Tumis Fettucinne.

Selanjutnya gue ngerebus telor dan kentang. Mau diapain? Belom tau! Hahaha...

Gini. Pernah gag suatu hari pas lo makan nasi pake sayur bayam dan telor rebus, terus lo kepikran buat ngubah isi si telor jadi berisi semua yang lagi ada di dalam piring lo? Gue? SELALU. Jadi itu telor rebus bakal gue keluarin merah telurnya, gue benyekin biar kecampur sama nasi dan kuah sayur bayam. Sayur bayamnya gue cacah kecil-kecil pake sendok. Gue campur ke 'adonan' sebelumnya, terus gue masukin ke putih telur yang bentuknya kek mangkok itu.

Nah, berawal dari ide itu lah gue pun ngerebus 6 butir telur untuk dikeluarin kuningnya. Terus gue rebus 3 butir kentang buat dihalusin macam mashed potato. Setengah butir bawang bombay gue cincang ampe halus buat ditumis bareng 5 sendok makan kornet. Dan susu gue rebus biar anget karena posisi terakhir dia ada di dalem kulkas.

Udah deh. Itu kentang abis gue alusin gue tambahin kuning telur yang udah dipisahin sampe kecampur semua. Karena teksturnya terasa 'berat', gue tambahin susu cair yang udah  gue angetin. Susu cair ini gunanya buat ngelembutin si kentang + kuning telur tadi. Jadi pakenya sesuai selera aja. Setelah dapet tekstur yang gue mau, baru deh gue masukin kornet dan bawang bombay yang udah gue tumis. Aduk sampe kecampur rata.

Di lidah gue, kentang yang dihaluskan itu udah terasa asin tanpa dipakein macem-macem. Jadi di sini gue gag pake penyedap macem royco lagi. Buat yang gag selidah sama gue, boleh loh ditambahin royco rasa sapi biar lebih nendyang rasanya.

Setelah adonan isi telur rebusnya tercampur rata, lo isiin deh ke telurnya. Gue pake 5 butir telur rebus. Sebutir cacat karena pas ngeluarin merah telurnya, putih telur yang cekungnya robek. Makanya gue cuma pake kuningnya aja. Abis gue isiin ke 10 cekungan telur rebus, sisa mashed potatonya gue taro aja di wadah. Abisan masih banyak beud.

Itu 2 masakan gue kasih nama Childhood Boiled Eggs dan Mashed Potato Gaya Bebas.

Dan ini lah hasil eksperimen gue.
Tumis Fettucinne, Mashed Potato Gaya Bebas, Childhood Boiled Eggs

Itu ada jempol yang kek abis diajak ke tps buat pemilu adalah hasil dari ke-jetlag-an gue make piso rumah. Biasanya kan gue masak tuh di tempat kerja ya. Jarang gue masak di rumah. Nah, piso di tempat kerja gue tuh gag ada yang tajem. Jadi gue gag pernah cedera kalo lagi motong dan pisonya meleset ke jari gue. Nah ini piso rumah kan tajemnya luar binasa. Pas lagi mau ngebelah bawang bombay, meleset ke jempol gue. Berdarah deh ampe ngucur. xD

Well, segitu lah eksperimen gue di hari Minggu siang nan sepi karena ditinggal mudik. Seperti biasa, itu resep boleh kok lo modip lagi. Abis dimodip, kabarin gue ya hasil modipannya. :)


Cheers! ^^

No comments:

Post a Comment