Wednesday 24 September 2014

Deezer

Gag ada yang lebih mengasyikan selain nyantai di kasur sambil mangku laptop dan melakukan berbagai aktivitas dunia maya ditemani musik asik. Gue selalu suka mendengarkan musik ketika sedang berkegiatan di depan layar. Sejak gue masih pake PC bareng bokap, internet belom masuk rumah, sampe sekarang gue udah punya laptop sendiri dan udah punya koneksi WiFi di rumah gue.

Dua bulan terakhir, gue udah gag pernah muter lagu-lagu dari laptop gue atau pun streaming-an siaran radio kalo lagi di depan laptop. Gue streaming-an lagu-lagu untuk nyumpel telinga gue dari Deezer.

Makhluk apa tuh Deezer?
 
Deezer itu website streaming yang menyediakan (kalo menurut gue) semua lagu yang ada di seluruh dunia. Dari yang internasional sampe yang lokal. Kenapa gue bilang sampe lokal? Karena di website ini gag cuma ada lagu-lagu musisi mancanegara aja, tapi ada juga lagu-lagu dari musisi Indonesia. Dan mungkin kalo lo berasal dari India, pasti ada lagu-lagu dari musisi terkenal di India. Lagu-lagunya Vanness Wu aja ada kok di sini.

Udah gitu yang asiknya lagi, itu lagu-lagu musisi kesukaan lo tersedia lengkap. Misal lagu-lagunya Britney Spears. Ada tuh album doi dari jaman doi masih perawan ampe sekarang anak kembarnya udah pada sekolah dan maenan skateboard. Terus tersedia juga berbagai versi remix dari semua hits single teteh Britney Spears.

Sejauh ini musisi yang udah sukses gue explore musiknya dari album pertama sampe album terakhir antara lain: Daft Punk, Vanness Wu, Efek Rumah Kaca, Superman Is Dead, Lady Ga Ga, Owl City, Arctic Monkeys, dan Britney Spears. Kalo sekarang, gue lagi explore lagu-lagunya Duran Duran nih bok.
Deezer ini punya fitur premium di mana penggunanya bisa teteup strimingin lagu apapun yang dia suka di mana pun mereka berada. Online maupun offline. Tapi seperti layanan premium lainnya, tentu saja kita harus bayar dengan langganan fitur premiumnya. Sejauh ini mah gue belum merasa perlu langganan. Selain karena gue gag suka hal-hal berbayar, lagu-lagu di playlist hape gue masih cukup asik kok buat nyumpel telinga gue pas lagi motoran.

Yang gue gag suka dari Deezer adalah terkadang lagu yang lagi kita dengerin suka ngaco sendiri. Maksudnya, kayak kalo pas era kaset masih hits, kasetnya kusut gitu loh. Skit. Malah kadang suka lagi asik-asik denger lagu enak, eh tau-tau lagunya pindah begitu aja di tengah jalan. Gag sampe abis. Kan kentang. --"

Selama exploring musik dimarih, kita juga bisa nyimpen lagu yang kita suka. Baik dalam bentuk playlist general, maupun lo bikin playlist tertentu sesuai dengan mood. Misalnya mood lagi ngebolang keliling kota, gloomy-gloomy rainy day, malam heboh, maupun mood pengen gegoleran aja di kasur seharian. Menurut gue, bikin playlist khusus gitu enakan kalo kita jadi member premium di mana kita punya akses tanpa batas buat musik yang ada di akun kita. Karena gue cuma nyalain Deezer pas di depan laptop dan lagi ada koneksi internet, jadinya gue cuma taro di playlist general aja.

Next gue berencana untuk mulai explore semua lagu dari musisi yang gue likes di Facebook gue. Kebanyakan fanpage musisi yang gue like itu karena gue jatuh cinta pada pendengaran pertama pas denger di radio kayak Fun. atau pada pandangan pertama pas nonton video klip nya kayak OK Go.

Dengan keberadaan Deezer, sekarang gue gag perlu ribet nge-download album musisi idola gue dari yang pertama sampe karya terakhir mereka.


That's all, folks!

No comments:

Post a Comment