Tuesday 23 September 2014

Cacing Telinga

Pernah gag sih lo ngerasa ada sebuah lagu yang stuck di kepala lo dan lo gag tau gimana cara ngilanginnya?

Gue? Sering.

Yang kayak gitu katanya dinamakan earworm.

Menurut Wikipedia, earworm adalah frase menarik dari sebuah lagu yang terus berulang di pikiran seseorang setelah lagu tersebut sudah tidak diputar lagi. Kata 'earworm' sendiri merupakan serapan dari kata bahasa Jerman 'Ohrwurm'. Yang kalo gue intip artinya di gugel trenslet adalah 'rekaman yang menarik'.

Menurut penelitian, 98% individu di dunia pernah ngerasain earworm. Tapi katanya perempuan mengalami earworm dengan durasi yang lebih lama dari pada laki-laki. Udah gitu kata Daniel Levitin di bukunya yang berjudul This Is Your Brain on Music: The Science of a Human Obsession, musisi dan orang dengan obsesive-compulsive disorder (OCD) lebih sering kenak earworm.

Apa aja yang bisa jadi earworm? Bisa beberapa kata atau kalimat di sebuah lirik lagu bahkan keseluruhan lagu dari awal sampe abis. Jangan lupa, yang berulang-ulang di otak kita gag cuma liriknya aja ya. Musiknya juga. Gampangnya, lo kayak dengerin itu lagu tanpa itu lagu diputer. Jadi lo bisa kenak si earworm pas lagi ngobrol sama temen atau pas lagi ngerjain ujian di ruang kelas yang sunyi senyap. Lo bayangin dah tuh kalo pas lagi ngerjain UN terus tau-tau kenak earworm lagu disko jedag-jedug. Rame tuh pasti kepala lo. Padahal di sekitar lo sepinya udah gag bisa dibedain mana kelas mana kuburan.

Gue sendiri baru menyadari kalo gue gampang banget kenak earworm pas mulae kuliah. Dan sering kali hal ini ganggu banget kalo lagu yang gue denger liriknya gag bagus.

Kok bisa? Bukannya lo selalu mendengarkan lagu dengan kualitas lirik yang menurut lo bagusnya luar biasa? #Popskii

Lirik bagus emang jadi syarat lagu yang masuk ke telinga gue. Tapi kadang kalo lagi di luaran, gue gag bisa menahan lagu yang gag mau gue denger. Contohnya, lagu-lagu yang dinyanyiin pengamen di bus, lagu yang diputer di angkot, dan lagu yang dinyanyiin sama orang yang gag gue kenal. Yang kayak orang lagi nunggu bis bareng gue di halte gitu.

Kalo kayak di bis, gue sangat sengsara pas gue gag punya headset. Gue ampe berharap telinga tuh punya fitur 'tahan denger' kalo ada pengamen yang nyanyiin lagu yang gag pantes diputar berulang-ulang di kepala gue. Kayak idung yang punya fitur 'tahan napas' kalo ada bau gag enak di sekitar gue. Sayangnya gag ada. Makanya dulu pas gue belom punya SIM, gue selalu milih untuk bobok unyuk setelah bayar ongkos ke kernet. Untuk meminimalisir peluang nyanyian pengamen jadi earworm.

Waktu itu gue pernah keganggu banget sama lagu Buka Sitik Jos pas KKL di sebuah stasiun radio. Sebelumnya gue cuma tau kalo itu adalah lagu yang dipake buat Goyang Caesar. Di tempat gue KKL, ada bapak-bapak yang hobi banget muter dan nyanyin itu lagu setiap saat. Ternyata itu lagu ada liriknya. Dan liriknya itu sungguh sangat tidak senonoh menurut gue. Gag suka gue. Seminggu gue KKL di sono, jadilah itu lagu terputar terus di kepala gue. Kampret!

Udah lah gue tersiksa di tempat KKL, eh Kinasih bikin pertunjukkan di mana lagu tersebut dinyanyikan di salah satu babak. Dobel deh sumber kebisingan otak gue. Gue ampe mikir kalo gue kenak karma dari si bapak-bapak di tempat KKL. --"

Pas bagi IP kemaren, gue akhirnya pulang ke Rumah Kinasih untuk bantu-bantu produksi di Festival Teater Jakarta Selatan (FTJS). Jadinya gue harus agak sering dateng pas pada latian dong. Kinasih ngebawain lakon yang sama dari pertunjukkan yang terakhir. Cuma lagunya beda. Bukan Buka Sitik Jos lagi tapi Digilir Preman. Dan liriknya tetep berada di level 'mau dibilang apa sih lu' buat gue. Karena frekuensi gue dateng latihan itu agak sering, maka lagu Digilir Preman pun jadi earworm gue sampe Kamis (18/9) malam pertunjukkan berlangsung.

Ya Tuhan, lagu dangdut jaman sekarang kenapa liriknya pada gitu-gitu amat sik ah?! --a

Ini yang bikin gue males denger lagu dangdut.

Kalo menurut peneliti di Western Washington University, cara efektif untuk menghentikan earworm adalah dengan cara melakukan aktivitas yang dapat mengasah otak. Contohnya bikin anagram, mainan puzzle macem sudoku, atau membaca novel.

Buat gue, sejauh ini caranya adalah menuliskan lirik tersebut di mana pun gue bisa. Gue sempet ngepost lirik Digilir Preman di Path. Dan syukur alhamdulillah, itu lagu udah gag jadi earworm lagi sekarang.

Kalo lagu-lagu yang bagus mah biasanya gue denger berulang-ulang ampe bosen. Tapi itu cuma berlaku buat lagu bagus ya. Kadang gue juga update 'Listening to...' di Path beserta lirik yang nyangkut di otak gue saat itu. Jadi kalo ada yang liat update an Path gue denger lagu mulu, sesungguhnya gue gag beneran lagi dengerin itu lagu. Cuma berusaha ngilangin earworm gue aja.

Sempet terjadi dillema di mana gue kenak earworm setelah diperdengarkan lagu anthem pacaran Kyle dengan partnernya yang sekarang. Pengen gue update di Path cumanya ngeri dibilang ikut-ikutan sama yang memperdengarkan lagu itu ke gue. Jadi ya gue akhirnya cari itu lagu dan dengerin berulang-ulang sampe gue bosen.

Kadang juga gue ngilangin earworm dengan cara cari lirik dari potongan lagu yang ada di kepala gue terus gue nyanyiin full dari awal sampe akhir. Baru dah itu ilang earworm nya.

Tapi kalo buat lagu-lagu jelek kan gag mungkin gue nyanyiin lagunya dari awal sampe abis. #GalauItuSederhana #SesederhanaRestoranPadang


Cheers! ^^

No comments:

Post a Comment