Monday 8 September 2014

Freddie For a Day 2014

Jumat (5/9) kemarin merupakan hari perayaan bagi para fans QUEEN di seluruh dunia. Ya. Jumat kemarin itu hari ulang tahunnya Eyang Freddie Mercury.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap tanggal 5 September itu selalu diadakan Freddie for a Day diseluruh dunia bagi para fans QUEEN yang merayakan. Apaan sik itu Freddie for a day? Freddie for a Day (FFAD) merupakan sebuah inisiatif yang dibuat sebagai perayaan atas kehidupan yang ikonik dari Freddie Mercury. FFAD bikin para pecinta QUEEN dandan ala Eyang Freddie dalam rangka meningkatkan kesadaran -dan donasi untuk mendukung kerja Mercury Phoenix Trust- untuk menghajar AIDS di seluruh dunia. FFAD ini pertama kali diluncurkan tahun 2010 dan selalu diadakan serentak tiap tanggal 5 September.
Apa aja sih yang dilakukan di FFAD?

Salah satunya pasang kumis. Iya, kumis baplang macem Eyang Freddie. Dipake seharian buat hangout sama gengan, ngampus, ngantor, belanja ke pasar, naek kendaraan umum dan lain-lain. Jadi yang mendadak kumisan itu pada tetep melakukan rutinitas sehari-hari macem kek mereka gag pakek kumis. Dan hal ini dilakukan sama semua gender dan semua usia yang merupakan fansnya QUEEN.

Tahun ini kebetulan gue sanggup kumisan karena dapet kumis gratis dari Mercury Phoenix Trust.
Selain kumisan doang, buat yang emang mau secara total ber-FFAD, ada juga yang beraktivitas seharian dengan salah satu tampilannya Eyang Freddie. Tampilannya kek gimana aja yang bisa diikutin? Googling gih sanah buat tau Eyang Freddie tampilannya macem apa aja selama idup dan nyenyong-nyenyong hore bareng QUEEN. Sekalian explore itu musik-musik ajaib QUEEN dari album pertama sampe album terakhir.

Tapi sih salah satu tampilan legendarisnya yang sanggup bikin FFAD lo langsung dinyatakan sah tuh yang ini:
Tampilan itu adalah tampilan Eyang Freddie Mercury di konser QUEEN yang terbesar dan ter-legendaris dan terakhir di Wembley Stadium tahun 1986.
Tapi kalo lo pilih kostum yang di bawah ini buat FFAD-an ge gag masalah...
Hahaha...
=============================================================
Well, di sini gue mau ceritain pengalaman gue untuk pertama kalinya ber-FFAD.

Berawal dari sebuah postingan di grup Queenindo, gue pun tahu kalo bakal ada event FFAD di Jakarta.
Kebetulan Jumat kemaren gue juga lagi gag kemana-mana. Jadi ngapain juga kan gue dandan ala Eyang Freddie kalo di rumah doangan? Kebetulan ada acara ini, jadi baru deh gue bisa ikutan seru-seruannya FFAD-an.

FYI, itu event FFAD di Hard Rock Cafe (HRC) gag cuma yang di Jakarta yang ngadain. Ini event worldwide. Semua jaringan HRC seluruh dunia juga ngadain acara yang sama. Cuma paling beda tanggal gitu mungkin. Dan di event ini juga diadakan pemutaran perdana video konser QUEEN Live At The Rainbow 1974. Sayangnya kalo di HRC Jakarta, screeningnya kurang special. Cuma kek sebuah cafe yang lagi muterin video konser aja. Gag kayak di HRC London gitu lah. Tapi gapapa. Tetep seru karena kapan lagi kan hangout di sebuah cafe yang memutar lagu-lagu QUEEN sebagai musik latarnya? ;)

Di HRC, gue ketemu sama para om-om dari Queenindo macem om Riza, om Wicha, om Iwan, dan om Nelwin. Ada juga tiga orang lagi yang bukan om-om karena mereka terdiri dari 2 cewek dan satu cowok seumuran gue. Tapi gue lupa nama mereka. Heuheu.. ~_~

Mulanya, kami duduk di luar. Di meja-meja tinggi deket bar. Sempet disamperin sama waiters yang berkostum ala Eyang Freddie kek gambar di atas dan dia pun bagi-bagi kumis. Makanya kan tuh gue bisa berkumis ya dari si waiters itu. Kumisnya merchandise official dari Mercury Phoenix Trust pun. Nah kan jam 9 acara sesungguhnya dimulai tuh. Tau-tau MC nya nanya apakah fansclub nya QUEEN Indonesia ada yang hadir. Gue dan kawan-kawan yang lain langsung heboh dong angkat tangan. Terus kita langsung disuruh masuk deh buat duduk di meja paling depan. Paling deket sama panggung. Sebelum duduk, gue liat itu meja ada tanda 'Reserved' nya. Gue pikir, anjir, special banget ini kita duduk di tempat reserved. Paling depan pula. Hahah.

Ya udah deh. Abis itu kita semeja difoto. Terus juga sempet disuruh naik ke panggung buat diajak ngobrol-ngobrol sekaligus memperkenalkan Queenindo ke seluruh pengunjung HRC malam itu.

Enak banget men lagi duduk-duduk di cafe gitu denger lagu yang diputer tuh lagu-lagunya QUEEN. Sumpah. Tapi ya ini berlaku kalo lo adalah penggemar QUEEN garis keras kek gue. Tar gue mau bikin cafe tematik QUEEN ah. xD

Ada penampilan dari home band bernama Asia Rox yang bawain beberapa lagu hits-nya QUEEN dengan...... buruk. Tapi yaudahlah ya bok. Maklum saja karena mereka emang bukan band khusus cover QUEEN dan baru latihan lagu-lagu QUEEN 2 minggu sebelum acara. Gapapa dah. Yang penting akhirnya gue bisa ngepalin tangan ke udara pas Radio Ga Ga dibawain sama mereka. ;)
Gue semacam nyaris menitikkan air mata selama Asia Rox main. Nyaris ya bok. Mungkin kalo gue nonton konser QUEEN + Adam Lambert gue bisa mewek kejer. Hahaha... Senengnya tuh ampe gag bisa dideskripsikan dengan kata-kata bok. Padahal mah cuma baru segonoan doang. xD

Event ini bukan cuma event seru-seruan ngerayain ultahnya Eyang Freddie Mercury yang kalo masih hidup dan sehat wal afiat berusia 68 tahun. Di sini juga dilakukan penggalangan dana buat disumbangin ke Mercury Phoenix Trust di mana ketika elo beli seporsi burger di HRC sama dengan elo menyumbang sepuluh ribu rupiah untuk ikutan kicking AIDS' ass worldwide.

Oh iya, dari setadian kan gue bilang kalo tahun ini gue akhirnya sah ikutan FFAD. Nih kek gini tampilan gue Jumat malem kemaren:
Tenang sodarah-sodarah sekalian. Hotpants nya gag gue pake dari rumah kok. Itu gue foto di toilet HRC abis lepas maxi skirt yang gue pake dari rumah. Tampilan itu adalah tampilan Freddie Mercury yang paling mudah untuk diikuti. Terima kasih buat Rhapsodia Rock Shop yang udah memproduksi kaos legendaris ini. Terus kan ya pas gue disuruh ke atas panggung buat ngikut semacam lomba lucu-lucuan gitu, MC nya nyangka gue bergaya bagai di pantai karena gue nyeker. Padahal mah itu liat dong Eyang Freddie aja nyeker kan di sonoh. Dasar rakyat sipil. Huh!

Nah kan di akhir acara ada kontes mirip Freddie Mercury dengan hadiah sebotol Johnnie Walker Black Label + merchandise dari Universal Music Indonesia. Gue ikutan bok. Gue mah udah pede aja bakalan bawa pulang itu botolan yang kalo kata Kyle adalah air kehidupan. Namun mungkin karena yang terasa Freddie Mercury tuh cuma gue doang, kontesnya ditambahin jadi nyenyongin satu lagu QUEEN full di atas panggung. Yang gayanya sungguh menggila akan menang. Nah yaudah. Gue diadu sama salah satu crew Hard Rock FM. Terus gue kalah gitu karena gaya gue kurang gila. Terus gue gagal deh kasihin J.W. Black Label buat ulang tahunnya Kyle yang ke seperempat abad tahun ini. :(

Pas gue, om Wicha, dan satu lagi temennya om Wicha -yang karena gue lupa namanya gue panggil dengan sebutan kakak- jalan beriringan menuju parkiran motor, tau-tau om Wicha ngeluarin DVD Hungarian Rhapsody dari kantong HRC sambil bilang, "...ini hadiah buat Sherly karena sudah memperkenalkan Queenindo ke publik tadi". Dan gue langsung ber-KYAAA dan ber-WAAA dong. Bahagia banget gue tau-tau si om ngasihin begonoan buat gue. Dan nampaknya secara agak resmi gue diangkut jadi humasnya Queenindo. MUAHAHA...

Nampaknya om Wicha sungguh memahami wajah gue yang jadi buruk rupa karena kecewa setelah gagal bawa pulang sebotol air kehidupan. ^^
Pulangnya, gue gag bisa masup ke rumah untuk langsung nulis postingan ini karena gag dapet pintu. Gue nyampe rumah jam 1 pagi abisan. Haha.. Yeah, gapapa sih. Gue masih bisa obo di sevel kan. Kapanlagidotkom gue ngerasain event macem gini, yegak?

Gue harap tahun depan Queenindo ngadain sesuatu pas FFAD. Gag perlu nyewa cafe. Di Taman Suropati kek gathering kemaren juga oke kok. Sambil akustikan cihuy gitu bok. Pasti seru. Coba om Wicha, selaku kepala suku Queenindo, bisa lah dipertimbangin ide sayah ini.  xD

Tapi teteup loh bok gue masih agak bete karena gag bisa dapet blek lebelnya. xD


Cheers! ^^

2 comments:

  1. HRC mungkin Rock tapi sepertinya nggak Hard :) ngadain FFaD tapi nggak tahu aksi panggung Freddie Mercury. mungkin kl mbak Sherly sampai bawa vacum cleaner dikira baru pulang dari njaga stand toko Ace Hardware :)
    Selamat mbak sdh bisa ikut FFaD dgn mas Wicha dkk
    -andria sonhedi-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas sudah menyempatkan baca cerita saya. ^^

      Delete