Monday 2 December 2013

Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Remaja

Judulnya udah kayak esai ato materi presentasi gitu ya. Keren kan? Ahahaha~

Jadi kemaren kan tanggal 1 Desember. Itu tanggal diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. Nah dalam rangka peringatan itu, gue baca berita kalo Menteri Kesehatan dan Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) mengadakan Pekan Kondom Nasional selama tanggal 1-7 Desember. Kegiatannya adalah bagi-bagi kondom di tempat-tempat yang disinyalir banyak terjadi praktek seks beresiko. Yah lu pada tau lah tempat macem apa. :p

Gue sebagai, self-proclaimed, Duta Kondom Nasional menyambut baik kegiatan yang dilakukan kedua lembaga tersebut. Kenapa? Karena sejauh ini penangkal virus HIV yang ditularkan melalui hubungan seks yang ampuh adalah kondom. Yang paling ampuh lagi abstienence dan tidak berganti-ganti pasangan seksual.

Tapi sebuah kebijakan ato kegiatan pasti juga ada orang yang gag suka ato gag setuju dong ya. Gue beberapa kali baca komentar orang-orang hipokrit yang semacam menolak mentah-mentah tanpa mencerna makna dari diadakanya Pekan Kondom Nasional ini. Ada yang langsung bilang kegiatan ini mendukung seks bebas, memperbolehkan kemaksiatan, sampe mendekatkan manusia pada zinah.

Gue mah nyengir-nyengir kudanil aja bacain yang kek begonoan. Yaudah deh. Kalo situ mau ewita setelah married dan dengan satu orang seumur hidup itu mah pilihan situ. Tapi kalo ada yang pengen ewita sama banyak tipe lakik ato pereu sebelom married kan kudu pakek kondom yakan yakan?

Komentar-komentar salah kaprah tanpa diayak begini mengingatkan gue pada komentar menteri pendidikan Indonesia, M. Nuh, yang pernah bilang kalo sex education itu gag boleh dimasukin kurikulum sekolah karena dapat mendorong pelajar melakukan seks bebas.

At that time I was like, dude, seriously? --a

Jaman belom tercerahkan dulu, segala hal berbau 'sex' itu menarik banget buat gue. Karena (saat itu) gue pikir hal-hal yang ada kata 'sex' nya itu pasti selalu berhubungan dengan yang kayak di pilem bokep. Makanya gue selalu semangat kalo ngikutin acara yang ada sex education nya. Lalu gue akan kecewa karena isi acaranya adalah ceramah-ceramah gitu. Iya, gue memang senista itu.

Itu SMP. Pas SMA, gue gaul sama orang-orang tercerahkan di Jurnal Perempuan (JP). Seks gag tabu di lingkungan JP. Beberapa kali gue ikutan diskusi mengenai seksualitas dan gue pun jadi mengenal tubuh dan seksualitas gue. Sampai pada akhirnya pas gue libur abis lulus SMA, gue ngikut Change Summer School yang diadain Majalah Change. Itu masih satu keluarga sama JP, lebih tepatnya di bawah divisi Jurnal Perempuan Muda.

Anyway, di Change Summer School itu ada sesi seksualitas dimana para peserta seharian dikasih materi yang bikin mereka mengenal diri mereka luar dalem. Karena menurut pemateri, masih banyak orang-orang terutama remaja yang belum mengenal diri mereka, terutama tubuh mereka sendiri.

Seperti yang kita tahu, masih jarang orang yang mau menyebut kelamin mereka sesuai namanya. Entah karena malu ato karena apa, pokoknya mereka gag pernah mau menyebut vagina ato penis. Kalo karena malu, gag ngerti deh kenapa malu untuk nyebutin bagian tubuh yang emang udah ada di sana sejak lahir. Kenapa gag malu nyebut tangan, kaki, mata, dan sebagainya yekan?

Singkat cerita, sampailah pada sesi tentang penyakit-penyakit yang disebabkan oleh perilaku seks tidak aman (bukan seks bebas ya bok. Catet!). Di sesi inilah gue akhirnya memantapkan diri untuk tidak melakukan seks tanpa kondom. Gue gag geli sama gambar-gambar dari penyakit yang ditunjukin. Tapi gue gag mau penyakit-penyakit di gambar yang gue liat nempel di gue. Beuh, serem coy.

Maka dari pengalaman gue, sesungguhnya sex education untuk remaja itu penting. Gue jamin gag bakal deh remaja mau nyoba-nyoba ewita, at least ewita tanpa kondom, kalo mereka teredukasi dengan baik soal seksualitas. Gue aja menunda untuk melakukan seks pertama karena kelas seksualitas di tahun 2011 itu. Pernah gue memutuskan untuk melakukan seks pertama. Timing, tempat, dan partner udah ada. Tapi karena ketiadaan kondom, gue membatalkan apa yang tadinya akan gue lakukan saat itu.

Menurut gue, harusnya si menteri pendidikan itu diedukasi dulu biar kebuka pikirannya dan gag asal jeplak. Kalo udah kebuka pikirannya, gue yakin dia bakal masupin pendidikan seks di kurikulum sekolah. Ini mah enggak. Remaja banyak yang melakukan seks tidak aman, malah disuruh tambahin jam pelajaran agama. Hhh~

Ada sih memang materi seks di pelajaran Biologi SMP kelas 9 kalo gag salah. Tapi menurut gue, segitu tuh gag cukup coy. Kurang komprehensif karena cuma menjelaskan proses reproduksi saja. Kalo remajanya macem gue yang suka melanglang buana cari lingkungan yang bisa ngasih materi seksualitas secara positif, bagus. Lah kalo itu remaja gag demen melanglang buana terus sekalinya dapet materi seksualitas, dia dapetnya dari orang yang salah? Kan bahaya.

Jadi, siapapun yang baca postingan ini, kalo kenal sama menteri pendidikan, guru, orang penting lainnya, atau anda sendiri adalah guru, plis banget edukasi diri anda tentang seksualitas untuk disebarkan lagi ilmunya ke murid ato siapapun yang anda didik. Karena semakin seks ditabukan kepada remaja, semakin mereka akan penasaran dan bereksperimen dengan seksualitas mereka tanpa tahu bagaimana supaya eksperimen yang mereka lakukan itu tetap aman untuk mereka. Kalo udah kayak gitu, jangan nyalahin para remaja yang ewita dini, mendapatkan kehamilan yang tidak diinginkan, ato kena penyakit-penyakit mengerikan di tubuh mereka.

That's all, folks!

1 comment: