Monday 8 July 2013

Love is My Religion

Untuk memulai postingan ini, gue mau mengajak kalian para viewers untuk woles dulu dengerin salah satu lagunya Ziggy Marley yang inih:

Udah woles kan? Bagus~

Jadi tadi siang ada yang nanya salah satu pertanyaan menurut gue gag sopan untuk ditanyain ke orang yang gag terlalu deket. Ada 5 pertanyaan yang buat gue gag sopan dan pernah gue post di tumblr gue. Sialnya, ternyata lupa gue pindahin kemari pas gue migrasiin tulisan-tulisan gue dari Tumblr kemari. Yang mau tau tulisan macem apa, monggo diklik dimari.

Udah baca kan? Buat yang males buka link nya. Gue kasih tau aja deh langsung apa pertanyaan yang ditanyain ke gue tadi siang.

Jadi ada yang nanya apa agama gue. Si penanya menanyakan itu setelah komenin status orang tentang agama yang gue share di Facebook. Karena yang nanya bukan orang yang dekat sama gue (iyalah, kalo deket juga gag bakalan dia nanya. pasti dia tau sendiri. dan pasti udah tau kalok gue gag suka ditanyain agamanya apa.) dan keadaannya adalah itu orang abis komen status yang gue share, gue jadi males. Zzz... Ngapain sih pakek nanya-nanya agama gue? Gag cukup apa liat di biodata profil Facebook? Mana yang nanya udah toku pulak. Males aja kalok tetiba diceramahin kan.

Lama tuh gue balesnya. Ada kali 3-4 jam kemudian baru gue jawab. Gue sempet ngetwit tentang ini dan ditanggapi sama Kyle secara #NoMention. Dia suruh gue nanya balik: Agama KTP atau agama pribadi. Kyle juga sempet nanya agama gue di twitter. Tapi dia nanya agama gue di KTP. Gag gue jawab sebelum gue liat blognya yang ini. Akhirnya gue jawab di kolom komen. Itu jawabnya sambil gue jelasin panjang lebar. Dan kenapa gue mau jawab pertanyaannya Kyle? Karena walopun baru kenal (saat itu) gue udah cukup sering ngobrol sama dia lewat Skype. Dari ngobrol-ngobrol itulah gue tau kalo dia anaknya open-minded. Jadi gue selow-selow aja jawab pertanyaan dia tentang agama gue.

Nah, kalo sama orang yang nanya ini kan gue jarang ngobrol. Jadi gue belom tau gimana jalan pikirannya. Apa yang gue yakini itu cukup ribet untuk diceritakan. Kalo lagi mood aja gue mau ceritainnya. Itu juga sama orang yang udah sering bertukar pikiran sama gue aja. Kalo sama yang jarang ngobrol ato baru kenal, males. Kenapa? Alesannya bisa lo liat di komen gue buat postingan di blog Kyle yang ini.

Maka dari itu jawaban gue buat si penanya adalah:
Karena Tuhan saya musik, jadi agama saya Queen. Kadang suka murtad ke Clubeighties. Kenapa gitu?
Gitu.

Dia nanya lagi kenapa keknya gue menghindari agama dan apakah gue pernah dikecewain Tuhan lewat agama. Maka gue jawablah sebagaimana yang udah gue tulis di atas kenapa gue gag mau ditanyain agama gue apa.

Jadi yaaa... Gue kasih tau sekali lagi. Gue paling gag suka ditanyain apa agama gue. Bukannya sok atau gimana. Karena buat gue agama adalah pertanyaan yang ribet untuk dijawab. Dan karena gue gag suka yang ribet-ribet itu lah yang membuat gue gag suka ditanyain soal agama.

Dan karena penjelasan tentang apa agama gue dan kenapa gue gag suka ditanyain soal agama udah gue post di kolom komen postingan blognya Kyle yang gue link di atas, gue gag akan menulis ulang tentang itu di mana pun. Termasuk di blog gue ini. :)

That's all folks!

3 comments:

  1. ahh, pertanyaan soal agama.. pertanyaan paling ribet dan memuakkan. kenapa orang nggak bisa berhenti nanya 'agamanya apa?'. aku juga nanya waktu itu karena waktu itu aku ngiranya kau katolik.. tapi pelafasan 'alhamdulillah'-mu bener. jadi kutanya aja agama KTP apaan. karena aku sendiri nggak suka ditanyain agama pribadi.. ribet jawabnya.

    lagian, kenapa juga harus tanya soal agama? apa kalo beda agama, perlakuannya jadi beda? sederhana amat. kalo beda agama, kenapa? yang noni dianggap murtad, gitu? diceramahin panjang lebar? fuck it. nggak ada yang mau denger ceramah agama di internet. kalo mau denger ceramah agama, kita juga bakal pergi ke tempat2 tertentu kayak rumah ibadah atau blog khusus agama. we dont want to hear your fucking speech about religion. as if i dont know what religion is. --"

    jalan pikiran kayak gitu nggak sinkron sama dunia tanpa batas kayak sekarang. pertanyaan begitu udah dikategorikan sebagai pertanyaan nggak sopan, buatku. karena kita kan udah hidup berdampingan dengan orang dari mana pun, dengan latar belakang yang berbeda pula.

    pertanyaan yang sedikit lebih sopan buatku itu.. ya nanya, "agama KTP apa?". karena aku tau, nggak semua orang agama KTP sama agama pribadinya sama. kayak beta punya kepercayaan. KTP sih, islam.. tapi pribadi bisa agnostic (yang mungkin hampir menjurus ke atheist).

    Jadi, kalo mau nanya soal agama, tolong nanyanya 4 mata aja, atau at least, nanya agama KTP kayak beta.. *malu2* #ditabokYangPunyaBlog

    udah lah. ini lama2 malah bikin blog di kolom komen orang. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju deh sama kamu! ^^ *ciyum*

      Sekarang gue tau kenapa kita bisa nyambung beud dan langsung jadi partner in crime padahal kenal baru bentar. Kita memang jodoh~ U,u

      Delete