Saturday 7 September 2013

Finally, a Laptop! (part 1)



DISCLAIMER: Kalo gag suka sama orang udik binti norak yang pamer gadget baru, gag usah nambah dosa dengan nyinyirin postingan ini. Simply, just close this blogpost and find another post on this blog that won’t add your sin in your life. Thank you. :)

Viewers ku tercintah. Akhirnya bocah lugu nan imut ini memiliki device untuk mengetik draft postingan di blog yang kalian kunjungi ini. Ya, gue telah memiliki sebuah laptop. *menangis haru*

Laptop ini gue dapatkan setelah mengemis pada bokap dan nyokap sejak gue resmi menjadi mahasiswi jurusan Jurnalistik di IISIP. Iyak. Dua tahun cuy gue ngemisnya. :’)

Tapi karena kendala finansial yang dialami keluarga gue selama 2 tahun itu, jadinya ya baru sekarang gue baru dibeliin laptop.

Gag usah gue kasih tau ya rasa yang gue rasain ketika akhirnya bokap mau beliin gue laptop. Gue rasa elo elo yang pada baca ini postingan ngerti apa yang dirasain seseorang yang dapet laptop setelah 2 tahun ngemis sama orang tuanya. 

Gue gag mungkin bikin postingan ini cuma buat pamer aja. Tentu saja ada cerita seru yang mau gue ceritain di postingan ini. Err... Gag tau sih menurut kalian yang baca ini seru apa engga. Seru itu kan relatip. Tapi gue akan tetap menceritakannya kepada kalian, wahai viewers ku tercintah! :*

Setelah akhirnya bokap fix mau beliin gue laptop, maka dimulailah perburuan laptop yang berspesifikasi yahud namun sesuai budget. Bokap kasih gue budget 4 juta buat beli laptop. Nah karena 90% PC dikuasain sama bokap, akhirnya yang nyari-nyari laptop dengan spesifikasi yahud adalah bokap. Gue nyari juga. Tapi gag sering. Ya gimana gue mau khusyuk nyari kalo bokap ngejogrog mulu depan PC. Akhirnya gue serahkan lah itu kerjaan browsing harga dan spesifikasi laptop ke bokap gue.

Pas giliran gue yang browsing, bokap berpesan sama gue kek gini:
"Cari yang kecepatan prosesornya minimal 1.8 GHz. Jangan yang prosesornya AMD ato Intel Celeron. Cari yang kuat dan bandel. Yang mereknya Asus kalo bisa."
Gue sebagai anak yang sedang sangat membutuhkan laptop ya manut-manut wae. Gue cari dah tuh. Ada yang mereknya Asus. Cumanya entah kenapa gue kurang sreg aja liat penampakan device nya. Terus gue nemu HP Compaq Presario CQ43-400TU. Serasa jatuh cinta pada pandangan pertama pas gue liat penampakan si laptopnya. Warna abu-abu dan ada tulian Q di body nya. Dan setelah gue liat spesifikasinya, ternyata cucok sama yang disyaratkan oleh bokap. Tapi ternyata bokap masih ingin bertualang nyari laptop. Padahal gue udah beneran menjatuhkan pilihan pada si Compaq Presario. Yowis. Beta mah tunduk aja dah sama pemilik modal.
Cinta pertama~
Petualangan bokap dalam hal nyariin gue laptop yang oke gag berakhir cuma sampai situ. Gue pun disuruh tanya-tanya rekomendasi laptop oke dari temen-temen gue. Baiklah, inggih ndoro, saya akan tanyakan ke teman saya. --“

Gue tanya lah Arby. Temen gue yang, menurut gue sih, adalah seorang computer geek. Ngerti lah dia kalo dimintain rekomendasi yang macem begonoan. Dia rekomendasiin untuk beli Asus. Karena menurut dia, itu merek sangat tahan banting. Dan telah terbukti dari laptopnya yang, kalo kata dia, udah dia perkosa membabi-buta untuk segala macam aktivitasnya dia. Bahkan katanya itu laptop pernah gag dimatiin seminggu. Dan ampe sekarang alhamduliillah masih sehat-sehat aja.

Abis itu gue tanya soal HP Compaq Presario yang gue taksir itu. Apakah merek itu sestrong Asus. Dia bilang itu merek bagus juga. Ya, kesimpulan gue, kekuatan Asus sama HP setara lah.

Jadilah malam itu gue pulang membawa rekomendasi dari Arby buat bokap. Namun sayangnya, itu belom bisa memuaskan bokap.

Ada kali 3 hari gue belom ada titik terang kapan bakal megang laptop sendiri. Gue udah grutuan aja. Abisnya udah bosen liburan gag ngapa-ngapain. PC dikuasain bokap. Nonton tipi, acara tipi sampah semua. Satu-satunya yang bisa gue lakukan hanya tidur. Hhh... .-.

Gue pun mendesak si bokap untuk buruan beliin gue laptop. Tapi berhubung belakangan ini rupiah masih lemah terhadap dolar, bokap masih belom mau beli itu laptop sebelom dolar turun. Bahkan dia baru mau beliin itu laptop Januari 2014 setelah dia baca berita kalo harga dolar baru akan kembali normal di awal Januari. Dafuq?! --“

Rasa kebelet gue untuk punya laptop udah kek orang yang kebelet pipis. Dan bokap mau beliinnya 4 bulan lagi. Ya Tuhan, kenapa Kau bikin dolar naek disaat bokap saya punya duit buatbeliin saya laptop? #Lah

Selain karena bosen gag bisa pakek PC, gue pun betulan butuh laptop karena di semester 5 ini, gue ngambil 2 mata kuliah yang, menurut temen-temen gue yang udah di senior year, susah.

Apa hubungannya gue harus punya laptop sekarang juga dan 2 mata kuliah susah yang gue ambil?

Seperti yang dari setadian gue bilang, gue gag bisa pakek PC semau gue karena bokap ngejogrog di depan PC hampir 24 jam. Sementara gue pun kadang membutuhkan PC untuk mengerjakan tugas. Nah karena kalo malem itu jadwalnya bokap nonton sinetron via streaming di PC sementara gue baru bisa ngerjain tugas malem karena baru pulang kuliah juga, gue pun harus berebut make itu PC. Semester kemaren gue sering banget tuh berantem sama bokap cuma buat ngerjain tugas. Jadi ya ini laptop betulan sangat gue butuhin.

Selain itu, gue menghabiskan sebagian besar waktu gue di luar rumah. Jadi kalo mau ngerjain tugas, gue baru start jam 10 malem. Dan selesai bisa sampe jam 4 pagi. Terima kasih kepada Kyle dan Asti yang sempet nemenin gue nugas semalem suntuk via Skype. I owe you, guys! :* Nah kalo ada laptop kan gue bisa bawa ke kampus buat ngerjain tugas selama di kampus sambil nunggu kelas ato nunggu bis terakhir jurusan Depok-Grogol untuk menghindari macet.

Jadi, ada lah, hubungan antara 2 mata kuliah susah dan urge gue untuk memiliki laptop. Ya tentu saja mereka dihubungkan oleh satu hal yang bernama TUGAS. Gue yakin itu 2 mata kuliah bakal menghasilkan banyak tugas. Yakin banget dah. Makanya harus buru-buru punya laptop. Hahah.

Akhirnya di suatu pagi gue bilang ke bokap gue alasan kenapa gue mau buru-buru beli itu laptop. Gue bilang aja mumpung masih libur. Entar kalo udah masuk, gue udah sibuk. Udah gag mau ngurusin yang kek beginian. Nyari-nyarinya maksud gue. Untuk belinya juga gue ngeri gag sempet kan. Sibuk. Heheh. xp

Udah tuh akhirnya bokap gue luluh. Dari semua pilihan laptop dengan spesifikasi yahud dan budget oke, akhirnya bokap bilang terserah gue mau yang mana. Sip. Gue bilang dah tuh gue mau yang HP Presario Compaq. Diliat lagi kan spesifikasinya sama bokap. Eh tau-tau dia bilang gini:
“Yah, layarnya masih LCD. Sekarang kan yang bagus LED.”
Sumpah ya kalo gue gag inget dia tuh bokap gue yang bakal beliin gue laptop, udah gue tendang mukanya saking gregetannya. HIH! --“

BOKAP GUE BANYAK MAU BANGEEETTT!!! SEBEEELLL~~~ >,<

Udah lah itu prosesor HP Compaq Presario bukan AMD ato Intel Celeron, kecepatan prosesornya 2.2 GHz, RAM bisa di upgrade ampe 8GB, HDD nya 500 GB, sekarang dia mau yang layarnya LED. LEMPAR AJA AKU DARI MONAS SEKARANG JUGA, PAH! #Depresi

Demi MIKA yang gantengnya gag manusiawi, laptop yang nanti bakal dibeli tuh cuma bakal dipakek buat ngetik. Jadi gue gag butuh tampilan layar yang ‘wah’ untuk itu. Buat ngetik loh. --“

Yah, gag buat ngetik doang sik. Dengerin lagu, baca eBook, dan nonton juga. But I don’t give a single fuck whether the monitor is LCD or LED. As long as it won’t have semut kayak siaran tipi yang antenanya ketiup angin.

Gue tau elo elo yang baca bakal bilang kalo itu karena bokap gue mau memberikan yang terbaik buat putrinya yaitu gue. Silakan ber kya kya dengan kelakuan bokap gue. Tapi gue gag peduli. Malah bete. Kenapa? Karena bokap gag realistis. Budget sekian, dia maunya banyak banget. Sementara gue yang nantinya bakal menguasai laptop juga gag terlalu banyak mau. Prinsip gue mah yang penting ada dan bisa dipake buat ngetik. Kalopun gag bisa disambungin ke internet, kan bisa dipake nonton ato denger musik. Ini mah enggak. Musti keren banged pakek D. Padahal budget juga gag berlebihan. Hhh...

Untungnya bokap segera menyerah dan kembali menyerahkan keputusan kepada gue. Dia bilang, besok kita bakal samperin toko yang dia temuin pas browsing harga laptop di internet. Nama tokonya Vira Jaya dan letaknya di Mangga Dua Mall.

Siang keesokan harinya, gue dibonceng bokap ke Mangga Dua Mall. Setelah nemu itu toko, gue pun kasih tau ke karyawan tokonya kalo gue mau beli laptop HP Compaq Presario CQ43-400TU. Namun ternyata gue gag berjodoh dengan laptop yang bikin gue jatuh cinta pada pandangan pertama itu. Stok laptopnya lagi kosong. T-T

Maka gue beralih ke opsi laptop yang dicariin bokap. Asus X44H-VX 281D dan HP 1000-1329TU. Yang Asus ada. Cuma gue, beneran deh, gag sreg... Sama harganya. Hahah. Abisan kalo di compare, spesifikasinya sama aja kek HP 1000-1329TU. Jadi gue maunya yang HP. Sayangnya, tipe yang gue mau out of stock juga. Adanya yang HP 1000-1321TU. Yasudah. Akhirnya gue belilah itu laptop.

Dan ada yang bikin gue cekikikan sendiri. Prosesornya Intel Celeron. Prosesor yang bokap gue hindari dari awal nyari laptop buat gue. xD Auk amat. Gag peduli. Orang bakal lebih sering gue pakek ngetik aja kok.
Setelah cek fisik itu laptop, akhirnya gue pun pulang dengan bahagia. Tapi nanti pas sampe rumah, itu laptop belom bisa dipakekarena OS nya masih DOS. Toko tempat gue beli laptop gag berani nginstalin Windows bajakan. Zzz...

Dalam perjalanan pulang, gue sms Arby untuk minta tolong instalin Windows di laptop gue. Gue bisa sih. Cuma biasanya gue nginstal gag pas masih jadi DOS. Jadi biasanya gue instal buat niban Windows juga. Jadi, ya... Gue minta tolong sekalian belajar sekalian ngejarah koleksi anime nya dia. Heheh.

Akhirnya kita sepakat buat ketemu di Family Mart Pejaten besoknya (6/9) jam 5 sore. Tadinya mau jam 3. Tapi dia baru selesai kelas setengah 5. Tapi katanya bisa lebih cepet karena masih minggu pertama masuk. Well, okelah. :)

Pas nyampe rumah, si laptop yang gue kasih nama Hepih, gue geletakin aja di meja ruang tamu. Belom gue ajak ke kamar. Abis ngapain yekan? Belom bisa diapa-apain juga. Besok juga mau dibawa lagi keluar. Musti nurunin lagi. Yee ileehhh...
Ini nih si Hepi. Spesifikasinya cari sendiri yes. Ekeh gag lagi promosiin barang orang soalnya. Heheh.
Gue masuk ke kamar nyokap dengan senyum sumringah bercampur sedikit kebeleran. Nyokap yang ngeliat gue kek abis ngebaks 2 linting gitu langsung senyum. Gag beler tentunya. Hahah. Doi bilang kalo tahun ini emang rejekinya gue karena 2 hal yang beneran gue butuhkan. SIM C dan laptop. Yah gue mah alhamdulillah bae. Dan emang baru ngeh juga. Gue anggap taun ini adalah tahun keberuntungan gue. Kenapa? Karena tahun ini angkanya 2013. Ada perpaduan angka 1 dan 3 yang membentuk angka 13. And 13 is always my favorite and my so-called lucky number. So, yeah. This year is my lucky year. Yay! ^^

Haa.. Udah yah ceritanya. Heheh. Tenang-tenang. Ini baru part 1. Part 2 yang menceritakan bagaimana akhirnya laptop ini bisa gue pake akan gue post secepatnya. Sekarang gue mau makan dulu. Mamah sayah hari ini masak kari ayam soalnya. :9

Cheers! ^^

No comments:

Post a Comment