Monday 8 April 2013

Musisi Lama dan Musisi Baru Buat Kantong Gue

Sepengalaman gue sebagai penikmat musik yang belom mapan secara finansial, lebih asik ngefans sama musisi ato band yang baru ngeluarin 1 ato 2 album. Kenapa? Gampang ngumpulin albumnya dan jatohnya lebih murah.

Mari sinih gue ceritain band dan musisi keren yang gue idolain.

Gue ngefans berat sama QUEEN. Kalo ada jurusan kuliah Queenology, mungkin gue bisa lulus cumlaude 3 taun aja saking gue udah khatam banget sama QUEEN. Tapi kendalanya adalah, sebagai fans sejati, gue mengimani harus punya CD asli dari band ato musisi yang gue suka. Nah, QUEEN itu kan udah kelar di 21 album yah bok. Itulah masalah gue. Agak susah ya untuk ngumpulin satu persatu itu album. Belom lagi printilan-printilannya kayak DVD konser ato dokumenter mereka. Mihil bingit gitu kan kalo dipidi original mah. Sejauh ini yang gue punya adalah 21 album QUEEN hasil download dari grup QUEENINDO di Facebook.
------------------------------------------------------------------------
Gue rada telat gitu ngepens sama Clubeighties. Abisan pas masa kejayaan mereka, gue masih sekitar SD-SMP. Masih anak rumahan yekan. Giliran gue udah bisa bebas ngebolang, sepi-sepi aja dong. Ini band hampir seumuran gitu sama reformasi Indonesia. Dan udah ngeluarin 5 album. Karena gue baru ngeh ada band keren kayak Clubeighties pas album keempat, jadilah gue cuma punya CD album keempat dan kelima. CD album 1 ampe 3 nya kayak barang langka gitu. Terima kasih kepada teknologi download yang bikin gue tetep bisa menikmati lagu-lagu dari album pertama ampe ketiga. Etapi album kedua masih kurang 2 lagu deng. Secara album kedua itu mereka cuma rilis dalam bentuk kaset. Mungkin agak ribet ya nge-rip dari kaset. Tapi yasudahlah. Clubeighties ini juga bisa bikin gue lulus cum laude 3 taun saking khatamnya gue sama ini band.
Formasi lama.

Formasi baru.
------------------------------------------------------------------------
Terus gue ngepens sama Roxette. Ini influence dari enci gue yang dulu punya kaset greatest hits Roxette. Gue gag tau dah doi udah ngeluarin album berapa. Yang jelas, gue suka Roxette karena lagu-lagunya tuh singalong-able. Tanpa harus liat teks, gue bisa dong ikutan nyanyi bareng Marie Frederickson dan Per Gessle.
Ganteng ya Per Gessle nya ya.. :D
------------------------------------------------------------------------
Karena gue ngepens sama Clubeighties, gue pun ikut-ikutan ngepens sama influence mereka yaitu Duran Duran. Kalo QUEEN bisa gue track doi udah berapa album dan judulnya apa-apa aja, Duran Duran ini agak ribet sodarah-sodarah. Pas gue kulik di official website nya, aish menih ribet pisan. Keburu males duluan. Tungguin aja dah di twitternya Duran Duran nyebutin judul lagu yang belom gue punya buat gue download. Btw, album terakhir mereka All You Need Is Now belom ada gitu di Indonesia. Padahal udah dirilis dari tahun 2010. --"
Om om nya cakep cakep ya.. *ngeces*
------------------------------------------------------------------------
Nah sekarang gue mau cerita beberapa band dan musisi idola yang albumnya masih bisa gue kejar.

Gue pertama kali denger lengkingan MIKA di radio tuh pas pertengahan tahun 2007an. Itu gue sekitar kelas 3 SMP. Gue penasaran kan waktu itu MIKA bentuknya kayak gimana. Suara melengking-melengking gitu gue kira cewek ato cowok cakep. Pas gue liat di Google, cowok tapi kok gag cakep. Udah deh. End of story sampe situ. Loncat ke akhir tahun 2010, gue lupa gimana akhirnya gue menemukan kalo MIKA itu gag sekedar cakep tapi ganteng pake banget. Yang jelas, waktu itu gue juga baru aja patah hati dan lagu MIKA yang gue nyanyiin judulnya Erase dari album pertamanya Life In Cartoon Motion. Setelah patah hatinya terlewati, gue mulai browsing tentang dia and found out that he has released 2 albums and an EP. Life In Cartoon Motion (LICM), The Boy Who Knew Too Much (TBWKTM), and Songs For Sorrow EP. At that time, gue baru download LICM. Langsung lah gue berangkat download TBWKTM. Terus pas gue iseng ke Sangaji di Central Park, gue nemu dong DVD konsernya di Parc Des Princes. Beli! Dan pas gue lagi nyari CD nya Jason Mraz buat ultahnya Flo, gue malah nemu TBWKTM. Beli! Muahahaha~ Album terbaru MIKA yang kalo kata kak Era -one of MIKA Freaka from Indonesia- judulnya dangdut banget, Origin of Love, juga gue udah punya. Yang deluxe pula dengan harga yang gag bikin gue sesak napas kayak waktu liat harga pre-order internasional nya. Sekarang aim gue adalah punya LICM, Songs For Sorrow, sama DVD Live In Cartoon Motion. Gag banyak dan gag terlalu mahal kayak ngoleksi QUEEN ternyata. Muahahaha~
------------------------------------------------------------------------
Gue punya album pertama Katy Perry bukan sengaja beli sih. Waktu itu gue dapet hadiah pas ikut kuis. Kan sekarang udah keluar album kedua tuh. Tapi karena kemaren-kemaren nyimpen buat beli The Origin of Love yang expecting rilisnya kayak expecting kelahiran anak, jadinya gue pending dulu dah tuh beli album kedua nya. Tapi sekarang kan udah punya tuh si Origin of Love. Mau mulai nabung lagi dah gue buat beli album keduanya Katy Perry. :D
------------------------------------------------------------------------
Terakhir, gue lagi suka gitu sama band indie lokal namanya Wonderbra. Gue tau band ini dari salah satu kakak cakep Teater Kinasih yang merupakan adik dari salah satu gitaris band ini. Waktu itu gue pernah dikasih liat vklip yang dia bikin buat band ini. Saat itu gue masih belom tau tuh kalo dia ada hubungan darah sama salah satu gitarisnya. Pas gue liat-liat FB nya setelah di confirm, baru deh gue tau kalo doi adenya salah satu gitaris Wonderbra.
Kakak Cakep Teater Kinasih
Ini kakaknya Kakak Cakep
Abis itu gue kulik-kulik kan si Wonderbra ini musiknya kayak apa sih dan segala macem. Dan gue tau mereka baru ngeluarin 2 album, Crossing The Railroad (2007) sama #fiksifriksi (2011). Idola baru nih, pikir gue saat itu. Setelah album keduanya rilis, ampe sekarang belom kedengeran kabar mereka bakal nge-gigs karena mbak pokalisnya lagi kuliah S2 di Amriki. Biarpun gitu, Tumblr mereka di wonderbraband.tumblr.com masih sering diupdate. Dan pas tulisan ini dibuat, mereka lagi bikin semacam kontes gitu buat yang udah punya album #fiksifriksi. Btw, gue belom punya satupun album mereka. Hehe.. Tapi gue udah punya album pertamanya hasil download gratis dari Tumblr mereka. Wonderbra, band yang baik (Axis mode on). Kemaren ada stand yang jual album kedua mereka. Tapi, sama seperti alesan kenapa gue belom beli album kedua Katy Perry, waktu itu gue masih nungguin 'bayi' The Origin of Love. Jadinya gue pending dulu deh. Sekarang gue ribet sendiri gimana dan dimana beli album #fiksifriksi. Ada sih 'tata caranya'. Tapi, yah, gue kan gitu anaknya. Hehe.. Asli, ini band recomended abis. Bukan karena band abangnya salah satu kakak cakep Teater Kinasih ya. Tapi kalo lo udah bosen sama kekacrutan musik Indonesia, ini lumayan bisa jadi penyegar. :D
 

Semoga postingan kali ini berguna dan menambah wawasan bermusik anda. Muahahaha~


Sumber Foto:
Google, Facebook, dan dokumentasi pribadi

No comments:

Post a Comment