Thursday 9 November 2017

Speaking of The Devil

Kayaknya calon employer yang tadinya berminat meng-hire gue langsung mengurungkan niatnya setelah mereka cek blog gue. Bukan karena beberapa postingan kontroversial yang pernah gue bikin sebelumnya tapi karena blog ini terakhir di-update di bulan Mei. Sementara posisi yang gue lamar mostly sebagai content writer. Di profile LinkedIn juga gue tulis occupation gue adalah blogger. Jadi, yaaa, ngerti kan? xD

Ya maap atuh bapak/ibu dan mbak/mas calon employer. Jeda tersebut terjadi karena saya sedang berjibaku dengan skripsi, latihan buat festival, serta berjuang supaya gag keseret arus yang bisa bikin saya tenggelam ke kubangan mental breakdown.

Gag ada kata terlambat, meski gue yakin banyak calon employer yang ngecek blog gue di bulan Oktober, gue yakin di bulan November ini juga bakal banyak calon employer yang jadi pengunjung blog ini. Kiranya itu cukup untuk jadi bahan bakar tambahan semangat gue buat nulis.

Semalem gue baru abis nonton The Devil's Advocate. Salah satu DVD koleksi bokap yang haram gue tonton pas masih berseragam. Baru sekarang gue tahu kenapa ini adalah salah satu film yang haram. Selain karena ceritanya yang kompleks (otak gue sebelom kuliah masih belom secanggih sekarang untuk mencerna film macem begitu), terdapat beberapa adegan yang memang gag diperuntukkan untuk mereka yang belom menginjak usia 20an.

Di sini gue gag akan ceritain keseluruhan filmnya. Nonton sendiri aja dah gih, jan manja. Tapi gue hanya akan ceritain garis besarnya aja dan soal bagaimana setan sebenernya bekerja.

Filmnya bercerita tentang seorang pengacara bernama Kevin Lomax yang diperankan oleh Keanu Reeves. FYI, Keanu Reeves asli ganteng pisan, euy! Nah, si Kevin yang berasal dari Florida ini adalah pengacara yang gag pernah kalah di daerahnya. Reputasinya bikin dia direkrut sebuah law firm ternama di New York. Begitu gabung sama law firm tersebut, Kevin pun langsung jadi anak kesayangan dari si pemilik law firm, John Milton, yang diperankan oleh Al Pacino. Nah, spoiler alert, si John Milton ini adalah iblis yang nyamar jadi manusia. Gue harap sampe sini udah kebayang kan gimana tulisan ini mau gue bawa? Belom? Yaudah, makanya terus baca sampe abis.

Btw, tenang aja, spoilernya ada tiga. Gue cuma bocorin salah satu aja dan itu juga menurut gue gag terlalu big deal juga. Cuma buat latar belakang aja dari apa yang mau gue ceritain.

Sering gag sih kita denger orang nyalahin setan untuk hal jahat yang dilakukannya? Misalnya dalam kasus bapak yang perkosa anak kandung, di kutipan surat kabar atau narasi berita si bapak ngaku kalo sebelum melakukan itu dia semacam dibisikin sama setan untuk mencabuli anaknya. Atau kasus penganiayaan yang menyebabkan korbannya sampe meninggal. Pelaku bilang kalo pas melakukan hal tersebut, dia berasa kayak gag sadar karena dikendalikan setan.

Intinya, semua hal jahat yang dilakukan manusia adalah salah setan. Gitu.

Padahal, sebenernya gag gitu juga. Setan kan emang udah dari jaman baheula tugasnya kudu godain manusia. Godain aja loh ya. Soal itu manusia kegoda ato gag, sebenernya udah bukan urusan setan; itu urusannya si manusia. Jadi kek, "Kegoda sukur, gag kegoda yaudah. Gue cari manusia yang laen yang bisa nanggepin godaan gue," gitu mungkin prinsipnya setan.

Sampe sini gue bingung gimana mau lanjutin tulisan ini. Hahaha... Enaknya kalo disampaikan secara lisan, sih. Sebelom nonton The Devil's Advocate juga gue sebenernya udah pernah obrolin hal ini sama seorang teman yang memproklamirkan diri sebagai anaknya Lucifer. Makanya pas nonton, gue langsung teringat obrolan kami soal setan ato iblis yang selalu jadi kambing hitam dari segala kejahatan dan keburukan yang dilakukan manusia.

Percayalah, sampe paragraf ini diketik, di kepala gue terngiang-ngiang hal-hal yang gue obrolin sama si anak Lucifer malam itu. Cuma gue masih rungsing gimana cara nyusunnya dalam sebuah tulisan.

Makanya gue masih suka gag pede kalo nyebut diri sebagai penulis tuh gini nih. Mana ada penulis yang curcol ke pembacanya kalo dia bingung gimana mau bikin ide abstrak di kepala jadi konkret dalam sebuah tulisan. xD

Seperti yang gue bilang di paragraf sebelom gue curcol, setan cuma menjalankan tugas aja. Sementara pilihan tetap berada di tangan manusia yang digodain. Mau membiarkan diri kegoda sama setan, ato tidak mengacuhkan godaannya.

Di sini lah seharusnya seseorang mengandalkan akal dan budi yang diberikan oleh Sang Pencipta. Akal itu digunakan salah satunya untuk menganalisis apakah sesuatu itu benar atau salah, sementara budi untuk menentukan baik dan buruk dalam hal etika, akhlak, dan moral. Ketika akal dan budi berfungsi dengan baik serta digunakan secara simultan, tentulah yang namanya godaan setan bisa ditangkal dan dibuat mental.

Ambil contoh pada kasus penganiayaan. Menganiaya orang itu salah. Sekesel apapun terhadap korban, penganiayaan tetap gag bisa dibenarkan. Mau pelaku bilang kalo dia kayak kerasukan setan pas melakukannya juga gag bakal bikin dia terbebas dari hukuman. Setan cuma dijadikan kambing hitam aja.

Padahal mah, mungkin aja pas kejadian, itu setan gag ada yang merasuki pelaku. Bisa aja setan lagi pada ngaso lesehan sambil ngudud dan ngupi-ngupi cantik di pojokan. Bahkan setan mungkin bakal bilang, "Pede amat lu berasa dirasukin ama gue. Emang lu segitu kerennya buat gue rasukin?"

Pilihan tetap di manusianya. Mau ngikut tapi abis itu nyalahin setan artinya manusianya yang dodol. Setan cuma godain, dia gag suruh manusia untuk ikutin godaan dia. Wong dikasih akal dan budi untuk menimbang dan menganalisis apakah hal jahat yang dilakukan itu baik atau buruk, kok gag dipake dan malah nyalahin setan.

Kesian setan dong kalo gitu. Padahal cuma ngejalanin tugas, tempat tinggalnya gerah dan panas (di neraka bok!), masih aja dijadiin kambing hitam sama manusia. #SaveSetanDanBelis

Malah kadang selain ngegodain, setan juga kasih pilihan ke manusia. Pilih melakukan hal buruk yang ditawarkan sama setan atau tidak mengacuhkan tawaran si setan. Kayak kalo di film The Devil's Advocate, John Milton nawarin Kevin Lomax untuk mundur dari kasus gede yang lagi dia pegang mengingat keadaan istrinya yang lagi kurang oke. Tapi Kevin malah bilang, "Ogah! Gue kagak mau nanti gue mundur terus tau-tau bini gue langsung sehat lalu gue seumur hidup betein bini gue karena ini. Gue kagak mau mundur."

Akhirnya Kevin lanjutin kasus yang lagi dia gawein dan keadaan istrinya pun jadi makin buruk. Di akhir, Kevin sempet nyalahin John mengenai apa yang terjadi pada istrinya. Dibalikin lah sama John apa yang pernah dibilang Kevin pas kemaren udah disuruh mundur. Kata John, "Gue kagak maksa kok. Kemaren kan lu udah gue suruh mundur aja buat urus bini lu. Elunya kagak mau. Sekarang ngapa jadi nyalahin gue? Itu kan pilihan lu."

Gue yang nonton cuma bisa, "Lah iya juga yak." ~_~a

Mungkin kalo setan-setan yang dijadiin kambing hitam segala hal buruk yang dilakukan manusia pada berwujud kek John Milton, mereka juga bakal demo dan bilang kek gitu ke manusia yang kemakan godaan mereka.

So guys, from now on, leave setan alone. Biarkan saja mereka melaksanakan tugasnya sampe nanti kiamat. Jangan lagi jadikan mereka alasan atau bumper dari hal buruk yang kalian lakukan. Kalian manusia, kok. Kan katanya makhluk paling sempurna, masa kalah sama setan? Terus begitu kalah, setannya malah yang disalahin.

Kok kalo ditulisin jadi jayus, yak? Kemaren pas diobrolin perasaan seru pisan. xD


That's all, folks!

No comments:

Post a Comment