Wednesday 1 November 2017

"Pengangguran adalah Pekerjaan yang Paling Sibuk di Dunia..."

"...sebab, meski terlihat tidak mengerjakan apa-apa, nyatanya di kepala seorang pengangguran lebih sibuk berpuluh puluh puluh puluh kali lipat dari pada kepala seorang pekerja. Iya, di kepala seorang penganggur dia sibuk memikirkan apa yang akan dikerjakan. Sedangkan lihatlah di kepala seorang pekerja, paling-paling hanya memikirkan pekerjaannya semata. Jadi, jangan sekali-kali meremehkan para pengangguran."

Yak, barusan tadi adalah sepenggal monolog yang ada di naskah pementasan 'Zina' di Festival Teater Jakarta Selatan, 14 Agustus kemaren. Those weren't even my line; it's my lil' bro's who played as 'Orang Gila' on the gig.

Padahal pas latihan, gue adalah pemain yang paling sering lupa dialog sendiri; yang sebenernya gag panjang-panjang amat tapi baru lancar gue ucapin secara sempurna seminggu sebelom hari H. Ini dialog orang masih gue hapal ampe gue gag bisa tidur karena itu monolog terngiang-ngiang di kepala gue berontak untuk gue tulisin sebagai intro postingan ini.

Puji Tuhan yang terngiang-ngiang bukan pikiran negatip. Kalo iya, berati overthinking gue kumat. Kalo sampe itu yang terjadi, gue kudu siaga 1.

FYI, saat draft postingan ini gue mulai ketik di notes hape, adzan subuh baru aja selesai berkumandang. Yeah, sekitar jam 4an gitu lah gue memutuskan untuk mulai menuliskan postingan ini.

I'm not going to write about the play anyway even though it's still feel fresh kayak baru kemaren terjadi. What I'm going to write is the theme of the story.

Jadi naskah ini ditulis sama alumni angkatan 2012. Junior gue. Lulus duluan. Tahun lalu.

Sebut saja si junior sebagai Mr. P. Yak, kebetulan dia emang lakik tapi bukan karena jenis kelaminnya yang bikin gue milih itu nama panggilan buat dia di sini.

Mr. P cerita kalo naskah ini udah digarap sejak tahun kedua dia kuliah kalo gag salah. Baru kelar awal tahun 2017 ini. Udah gitu, monolog yang diucapin sama Orang Gila tentang pengangguran terinspirasi dari kontemplasinya selama jadi pengangguran.

Makin ke sini, apalagi setelah gue jalani kehidupan sebagai pengangguran, gue semakin mengamini sari dari monolog mengenai pengangguran yang ada di naskah Zina. Bener juga, nganggur itu sibuk mikir. Mikir doang, kerjanya kagak keliatan. Kalo gue selama nganggur, kesibukan gue adalah apply kerja ke lowongan yang direkomendasiin sama Jobstreet.com melalui newsletter yang dikirim ke email gue, paranin perusahaan mana pun yang manggil gue untuk interview, dan goleran di kasur sambil sesekali main game yang ada di hape gue.

Kesibukan yang gue sebutin terakhirlah yang lebih banyak mendominasi keseharian gue sebagai pengangguran. Lama-lama efeknya pun mulai terasa. Bosen dan frustasi yang most likely will lead to mental breakdown dengan overthinking yang udah dadah-dadah dari kejauhan. Ya, I thought that's the best term to describe my current state.

Asu tenan.

Biasanya kalo udah kelamaan ngendep di rumah, gue bakal keluar rumah dan nongkrong sama siapa pun yang bisa gue ajak nongkrong. Tapi dengan keadaan sulit macem era great depression-nya Amerika di dekade 1920-an saat ini, hal tersebut nampaknya sulit sekali untuk dilakukan. Di postingan ini gue sempet bilang kalo saking penniless-nya, gue ampe harus malakin nyokap buat ongkos jalan ke tempat interview. Jadi tau diri aja gitu. Bensin yang ngambang di Mr. Bad Guy murni hanya gue pake untuk berangkat ke tempat interview.

Ditambah lagi sama kelakuan ngehe bokap gue yang udah terlalu pesimis dan putus asa sama hidup. I mean, I know your dream and hope had died, maybe since the crisis started when I was still kelas 4 SD; I'm sorry that you have to be like this when you're old. But that doesn't mean you can ajak-ajak orang untuk ikutan pesimis juga. I'm still in my 20s dammit.

Maka untuk menghindari kursi/rice cooker/kompor/oven (or any kitchen appliances, you name it) melayang ato piso nancep yang bikin gue jadi punya criminal record, I've been avoiding him for almost 2 months. Ain't nobody got time for demotivational words or any so-called 'fact' karangan doi yang bisa bikin gue tambah melempem pada keadaan unstable kek sekarang.

Jadilah gue ngendep aja tuh di kamar. Mostly untuk bobok. Bahkan gue gag ada keinginan untuk ngapain kek gitu pake laptop. Laptop cuma gue pake buat puter lagu with repeat all mode; kebetulan salah satu band favorit gue baru ngeluarin album barunya akhir September kemaren.

Sempet gue nontonin beberapa DVD koleksi bokap yang pas gue mondar-mandir institusi pendidikan masih pake seragam (SD, SMP, SMA) sangat haram untuk ditonton. Tapi itu gag lama. Dari 30 DVD, baru 10 yang gue tonton. Udah keburu bosen.

Di tengah keadaan kek gitu, kamar gue pun makin berantakan, cucian dan gosokan numpuk, gue jadi jarang mandi, dan kembali ke kebiasaan jahiliyah yaitu gag cuci muka abis berkegiatan di luar rumah. Hanya melakukan rutinitas milk cleanser-facial wash-face toner kalo sebelom keluar rumah gue dandan dulu untuk interview. Karena kalo gue dandan, gue pasti bakal pake BB cream dan segala macem produk yang bikin komuk presentable untuk interviewer. Sementara untuk hari-hari reguler gue cuma bikin alis dan pake lipstick aja.

Pokoknya gag ada kemauan buat ngapa-ngapain selain tentunya menjadikan CV gue HRD's whore dengan menyisipkannya di setiap lamaran kerja yang gue apply di Jobstreet.com.

Gue sempet kepikiran, katanya kan ketika kamar lo aja berantakan tak tentu arah dan lo semakin gag memperhatikan personal hygiene, itu salah satu tanda menjelang (atau udah terjadi gitu. Lupa) depresi. Nah loh!

Tapi Popskii menampik hal tersebut dengan berkata, "Gag usah sok asik. Itu bukan menjelang depresi, tapi emang kamunya aja yang mager dan jorok. Mentang-mentang di rumah doang, mandinya 3 hari sekali atau kalau ada interview. Hih!"

Iya juga, sih. Mager mandi. Toh gue gag ke mana-mana juga. Save water movement, baby!

*lalu disebor air sebaskom sama Popskii*

Anyway, at some point gue pun inget ada satu kegiatan yang gue andalkan untuk sekadar cheering me up ketika keadaan hati tak menentu macem lagi galau atau sedih; memasak. But once again, karena gue kalo masak biasanya pake modal sendiri buat beli bahan, I have nothing in my pocket untuk coba-cobi resep masakan yang udah gue save baik dalam bentuk video maupun teks. Jadi mikir lagi, sedih lagi, bete sendiri lagi. Terus kapan stabilnya kalo satu-satunya hal yang bisa bikin gue sedikit lebih stabil terhalang oleh ketiadaan modal untuk belanja?

Pentil kuda.

Lalu pada suatu hari seorang teman ada yang kangen sama nasi goreng kencur bikinan gue. Yaudah, setelah memastikan kencur yang dibutuhkan tersedia dan mengantongi izin dari nyokap untuk memberdayakan nasi yang masih banyak banget di rice cooker dalam rangka masakin teman gue itu, gue pun segera mengeksekusi request sang teman.

Hamlelah nasi goreng kencur gue rasanya serba pas kalo kata yang gue masakin. Thanks for asking me to cook for you, guys! It means a lot for me. :*

Okay, so after that sempet terjadi sedikit turbulensi yang bikin gue kembali unstable. Tapi gag terlalu lama bikin gue jadi kerak kasur karena nyokap gue secara gag langsung feed me my second cure; her cooking.

Cita rasa turbulensinya masih terasa, namun gag lagi bikin gue mikir whether I need to throw myself to a lava pool di pabrik besi (atau baja, ya? Pokoknya ke kolam yang ada lava ngegolak kek di film Terminator 2 gitu lah).

Akhirnya baju kotor dari kloter yang terakhir (iya, kloter. Saking magernya, gue kalo nyuci biasanya ada setidaknya 3 kloter baju kotor) berhasil gue cuci. Gosokan setinggi ponakan gue yang masih TK B juga udah mulus dan terlipat rapi. Setelah sebelumnya gue juga udah rapihin dan bersihin kamar supaya lantainya bisa dipake buat ngegosok dan lantainya bersih buat numpuk baju yang udah diseterika.

Btw, kalo lo merasa down atau mood lo lagi ngehe entah karena keadaan maupun hormon (I'm talking to you, PMS), try to clean and tidying up your room. Gue pernah baca di mana gitu kalo beresin kamar bisa lifting up your mood when you're feeling blue or depressed.

Dua kali gue praktekin dan keduanya berhasil. Yang pertama gue lakukan setelah sidang. Kamar gue dari awal tahun ini, sejak gue mulai bercinta sama skripsi deh pokoknya, gag karuan banget keadaannya; I even called it a refugee camp. Terus pas akhirnya itu bebukuan dan bebajuan yang ngambrak beserta debu dan helaian rambut rontok lenyap dari pandangan setelah gue rapihin dan pel, rasanya beneran kek setengah beban yang selama ini nangkring di pundak tuh lenyap begitu saja. Lega, plong, adem. Apalagi pas akhirnya gue bisa liat lantai kamar gue yang hilang selama hampir 5 bulan. Cakep dah rasanya.

Well, I hope I could be more productive starting this month. Produktif ngapain kek gitu selain ajag-ijig di kasur doang, doing nothing in particular. Masak kek, nulis kek, bebacaan berbagai eBook yang gue download karena laper mata kek, apapun deh pokoknya. Yang penting gue bisa dijauhkan dari ancaman bakteri bernama overthinking.

Speaking about writing (huh?), setelah kemaren akhirnya ngepost tulisan lagi, gue pun langsung kebanjiran beragam ide untuk ditulis di mari. Sebenernya sebelom itu juga udah ada beberapa ide tulisan untuk di post di mari, bahkan postingan yang kemaren itu udah gue pikirin sejak awal Oktober. Cuma kemauan gue untuk nulis gag sebesar rasa frustrasi gue sebagai pengangguran. Jadi, ya, baru kemaren itu deh gue mulai nulis lagi.

Mumpung lagi on fire buat nulis, ada baiknya hal ini gue manfaatkan, dong. Sebelom nanti jadi karyawan. Kalo dah resmi kerja belom tentu gue bisa berasa on fire nulis dan ngeblog kek sekarang ini. Yegak?

Sip, keknya gue udah mulai ngantuk lagi. Mata udah sepet gegara ngetik ginian di hape hampir 3 jam nonstop. Mau tidur lagi terus tar nebeng ke rumah om gue buat ngepost draft ini.


Cheers! ^^

*Finished at 7:09 am*

No comments:

Post a Comment