Wednesday 8 November 2017

Oh Mother~

Postingan ketiga yang gue bikin dalam tiga hari berturut-turut!

Gue demen banget nih kalo lagi on fire dan penuh semangat hidup untuk nulis di blog. Seenggaknya blog gue gag jadi kek rumah hantu lagi. Sekalian gue memanfaatkan semangat menggebu-gebu ini untuk 'bayar hutang' selama gue nyuekin blog ini.

Kapan lagi bisa liat postingan blog gue yang di-publish sesering ini kan? Terakhir gue sering ngeblog itu tahun 2013. Entah kenapa di tahun itu gue bisa mencapai rekor 70an postingan dalam setahun. Mantep.

Pengen lagi gue bisa kek gitu. Memang agak telat kalo mau ngejer rekor di 2013 itu. Secara ini udah November. Kalo pun semangat gue ini bisa bikin gue nulis postingan minimal sehari satu, tetep gag kekejar 70an postingan. Enam puluh udah paling mentok, deh.

Well, postingan ini masih tentang keadaan mental gue dan apa aja yang gue alami selama nganggur. Jangan bosen dulu, ya. Gue janji ini postingan terakhir tentang hal itu. Jarang-jarang kan gue curhat sampe di tiga postingan berturut-turut? Ehehe...

Setiap gue feeling down or depressed, gue punya kebiasaan untuk gag makan. Bukan gue yang mau, bisa dibilang ini maunya badan gue. Secara ajaib kalo keadaan lagi unstable, gue gag akan merasakan laper atau keinginan untuk masukin makanan ke mulut gue. Jadi di dua minggu pertama setelah wisuda dan masa nganggur mulai, gue ogah-ogahan makan. Paling sering gue makan sehari sekali. Pernah beberapa kali gue cuma makan dua hari sekali. Itu pun porsi yang gue makan gag sebanyak biasanya.

Selama gag makan ngapain aja? Tentu goleran di kasur dan bobok. Kemaren tuh males pisan rasanya turun dari singgasana. Kalo bukan karena gue harus pipis mah gag bakal gue turun. Karena untuk ganti makan gue rajin minum, jadilah gue masih sering bolak-balik ke toilet to do the deeds.

Back in 2014, gue pernah juga ngalamin ini. Waktu itu kondisi gue down parah banget bahkan sampe kepikiran untuk mengakhiri hidup. Giling kan? Seorang gue yang cinta banget sama hidup bisa punya pikiran untuk say dadah babay sama salah satu hal yang gue cintai; hidup gue. Ada kali full seminggu gue gag makan sama sekali. Hasilnya? Begitu gue naik timbangan, jarum penunjuknya berada pada angka 40 kg. :'3

Padahal berat badan gue yang wajar itu berkisar di angka 45 kg atau 46 kg. Yah kalo lagi beruntung bisa sampe 48 kg sih. Sayangnya gue sangat jarang merasakan keberuntungan semacam itu.

Kalo kali ini, hasil dari so-called mogok makan yang diinisiasi oleh tubuh gue, berat badan gue baru nyampe di angka 43 kg. Turun 3 kg. Gue sempet mikir, "Anjir, not again..."

Yang gue maksud dengan 'not again' adalah mental breakdown kayak yang terjadi di 2014 lalu. Udah nongol salah satu gejalanya gini kan. Tapi gimana dong? Badan gue gag kepengenan konsumsi makanan. Sekalinya makan, porsinya lebih sedikit dari porsi makan anak kucing yang baru disapih dari induknya. Karena itulah gue pikir juga gag usahlah makan, gag berselera pun.

Sampe akhirnya mood dan self-esteem gue keangkat secara signifikan pas gue abis masak buat temen gue. Wah demen nih. Udah ada kemauan untuk makan lagi. Tapi abis itu ada sedikit turbulensi yang terjadi gag lama setelahnya.

Yaelah.

Down lagi. Pikiran berkabut lagi. Badan mogok makan lagi.

Susu sapi.

Namun, hal tersebut gag bertahan lama. Karena gag nyampe 3 hari nyokap semacam melancarkan jurus-jurus supaya gue mau makan. Nyokap tau kalo setelah wisuda gue gag nafsu makan karena emang gue yang bilang. Gue pun minta belio untuk gag usah masak banyak-banyak, asal ada buat bokap aja. Don't mind me, soalnya lagi gag napsu makan. Gue pikir kan dengan begitu jadi nyokap gag usah capek-capek masak dan gag ada makanan yang kebuang.

Tapi menjelang minggu keempat gue mogok makan, eh si nyokap mulai 'memaksa' gue untuk makan. Makannya juga dengan porsi normal, bukan porsi anak kucing baru disapih dari induknya. Jurus pertama adalah jajanin gue di sebuah resto Japanese ricebowl yang nawarin paket promo pas kami lagi jalan-jalan sore di Central Park.

Nyokap kalo ada yang kek begituan di restoran biasanya mau nyobain, tapi harus pas sama gue karena belio paling banyak makan 5 suap lalu sudah. Sisanya gue yang abisin. Belio sempet ngajak terus ngebujuk gue gitu, "Hayok temenin mama cobain paket yang ini. Mama paling makan gag banyak, selebihnya Sherly yang abisin".

Permintaan yang gag akan pernah bisa gue tolak adalah permintaan untuk menghabiskan makanan yang gag habis dan permintaan dari nyokap. Terus ini kedua permintaan tersebut datang secara simultan. Ngabisin makanan, gue lagi gag napsu. Tapi yang meminta hal tersebut untuk dilakukan adalah nyokap.

Sherly, nol. Nyokap, satu.

Yaudah, akhirnya kami pun makan dengan hore di resto tersebut. Not bad. Rasanya pas sama harganya. Next time I'll come again and write about the resto on my food blog. ;)

Lalu keesokan harinya, gue lupa nyokap masak apa tapi yang pasti itu adalah makanan favorit yang gag akan pernah gue tolak. Makanlah gue walau gag dengan porsi standar.

Abis itu di hari berikutnya nyokap bikin cumi cabe ijo. Yalord, mana ada sejarahnya Sherly nolak cumi cabe ijo cobak? Bisa kualat gue sama cumi kalo ampe gue tolak.

Cumi cabe ijo belom abis, besokannya nyokap bikin soto tangkar yang bertahan hingga 3 hari berturut-turut. Di sini gue mulai berasa, kayaknya nyokap secara halus maksa gue untuk makan. Sebagai seorang ibu, mungkin terjadi yang namanya kontak batin. Keadaan gue yang lagi anyep berasa di nyokap, makanya belio sengaja masak makanan yang gag mungkin gue tolak biar gue mau makan.

"Wah, ini anak gue lagi anyep keadaannya makanya dia kagak mau makan. Bisa nge-drop tekanan darahnya kalo jarang makan. Musti gue paksa makan nih biar tekanan darahnya gag drop. Masak ah..."

Mungkin itu yang ada di pikiran nyokap pas mulai maksa gue dengan cara yang enak untuk kembali makan seperti biasa.

Biasanya segala hal yang dipaksa gag pernah enak. Gue juga gag suka kalo dipaksa. Dipaksa makan sekali pun. Tapi emang dasar namanya juga nyokap gue yak, belio tau aja cara enak buat maksa gue makan. Pemaksaan yang gag keliatan kayak maksa. Bukan yang, "Mau makan gag lu?! Gag gue aku anak lu ya kalo kagak mau makan," tapi yang kayak, "*sambil ngaduk kuah soto* Mama bikin soto tangkar, nih. Pake daging. *senyum*" gitu.

SIAPA YANG BISA NOLAK COBAK KALO DIPAKSANYA KAYAK GITU?!

Btw, itu soto tangkar saking enak dan poll banget bumbunya, 4/5 jam setelah makan masih berasa loh cita rasanya pas lagi burping. Burping gue jadi rasa soto~ U,u

Setelah soto tangkar tandas, terus nyokap masak sayur asin kuah jahe. IYA MAH, SHERLY BAKAL RAJIN MAKAN LAGI. OH ENGGAK, GAG AKAN MOGOK MAKAN LAGI KOK. TENANG AJA. xD

Sampe postingan ini gue ketik, nyokap masih terus 'maksa' gue untuk makan. I guess it's a perks of having a mom like mine yang hobi banget masak karena tau suami dan putri bungsunya doyan banget makan.

Oh iya, selain dengan masakin makanan yang gag mungkin gue tolak, nyokap juga membiarkan gue untuk bebikinan. Gue rasa nyokap udah paham kalo lagi berasa anyep, anak perempuannya yang badung ini harus bebikinan atau masak untuk mengurangi keanyepan.

Gue rada mager cerita soal yang ini di sini karena kek gag relevant sama the whole story. But I'll give you summary here then if you wanna know the complete one, you can asked me to tell you. xD

Intinya nyokap membiarkan gue untuk bikin pancake 2 hari berturut-turut dengan memberdayakan susu cair sisa bikin vla kue sus. Iya, selain bikin makanan berat, nyokap juga bikin snacks yang tentu gag bisa gue tolak. Kue sus, salah satunya.

So to wrap it up, now I'm already okay. Bisa dibilang keadaan gue udah cukup stabil namun masih harus diawasi. Rapuh-rapuh porselen gitu dah. Ahaha...

Thanks to my mom with her cooking. I'm so grateful to have you as my mom. Love you to the moon and back. I hope you still have a full loaded patience sampe nanti akhirnya I scored a job somewhere. ;)


Cheers! ^^

*Written on Wednesday, 1st November 2017*

No comments:

Post a Comment