Wednesday 1 October 2014

Aku, Kretek, dan Lisong

Bahagia itu sederhana bagi gadis pecinta kretek kek gue. Dapet oleh2 berbagai macam kretek dari temen yang abis main ke Jogja aja udah sanggup bikin gue nyengir giting dari tadi siang pas ngambil foto di bawah ini sampe sekarang gue lagi ngetik postingan ini.
Searah jarum jam: Kretek Cap Kerbau, Kretek Filter Cap Djeruk, Lisong merk Seto, Kretek Cap Djeruk, Lisong merk Seto, Kretek Filter Cap Djeruk | Yang di tengah dan berbungkus kotak A Mild ada Kretek Filter Dji Sam Soe Magnum Blue. Di atas kotak rokok ada lisong tanpa merek.
Jadi setiap ada temen gue yang sedang berkelana di daerah Jogja dan sekitarnya, pastilah gue minta titip kretek merek Cap Djeruk. Merek kretek ini gue tau dari pakde pelatih gamelan di BBJ. Katanya enak. Dan pas dulu pertama kali banget gue nyoba ini kretek, emang bener enak! Begitu batangan kreteknya nempel di bibir, bakal terasa manis kayak lo nempelin Sampoerna Mild di mulut lo. Sejenak lo bakal lupa kalo kretek yang lagi lo jepit di bibir lo adalah kretek tanpa filter. Pas lo tarik, rasa yang menyeruak di dalam mulut tuh manis cengkeh dan tembakau yang gag terlalu kuat dan bikin pusing. Pas gitu lah buat yang suka kretek tanpa filter yang gag terlalu berasa beratnya.

Terus ternyata selain merek Cap Djeruk, ada juga merek Cap Kerbau. Ini gue taunya gag sengaja. Jadi gue nitip Cap Djeruk sama Beber, temennya Kyle, yang lagi mudik ke Jogja. Kata Beber, dia gag nemu yang Cap Djeruk. Adanya Cap Kerbau. Yaudah, karena gue ingin memperluas pengalaman ber-kretek gue, akhirnya gue bilang gapapa dah Cap Kerbau juga. Yang penting kretek tanpa filter. Biar lebih terasa Indonesianya. Jadilah pas Beber balik dari Jogja, gue baru bisa nyobain si Cap Kerbau ini. Rasanya tuh kalo menurut gue gag beda jauh sama Gudang Garam Merah. Bener2 sebelas-dua belas lah. Tapi itu menurut gue loh ya. Gag tau deh kalo menurut yang lain mah.

Maka berbekal dua merek yang gue tau enak tersebut, akhirnya gue pun dengan tidak tau diri selalu malakin temen-temen gue yang mau ke Jogja atau lagi di Jogja buat beliin gue 2 merek kretek itu. Salah satu korban palak gue adalah Chicha, temen gue di fansclub Clubeighties. Kebetulan belakangan ini doi lagi sering banget bolak-balik ke Jogja untuk...... pacaran. Jamaah LDR tuh dianya. xD

Setelah beberapa kali gag jodoh buat ngambil kretek dari si mpok yang baru-baru ini ketempelan gelar S.Ikom, akhirnya kemaren (30/9) gue berhasil ketemu sama dia di perpus IISIP. Pas nerimanya gue sungguh bahagia bagai gadis remaja belia yang dibeliin sepatu baru. Makasih banyak yah mpok. Besok-besok kalo ke Jogja lagi, beliin satu slop ya. #Ngelunjak

Nah, akhir Agustus kemarin pas gue lagi anteng menjelajah dunianya si maya sambil ngudud di rumah, tiba-tiba Arby nulis komen di foto yang gue share.
Gue pun langsung terbelalak dan nyengir lebar kayak Joker pas abis liat komennya dia. OMG, gue aja gag tau kalo dia ke Jogja. Terus tiba-tiba dia bilang kalo dia bawa kretek kesayangan gue aja gitu. Nih orang minta banget dikecup manja. xD

Maka tadi siang gue harus pasrah diculik sama Arby demi mendapatkan Cap Djeruk kesayangan. Katanya, dia cuma nemu yang pakek filter. Yang tanpa filter gag ada. Yowis lah gapapa. Sekalian nyobain juga. Kali gue suka macem pas abis nyobain Cap Kerbau yang dibawain Beber.

Pas nyampe Family Mart, doi ngeluarin kantong plastik putih yang gue yakini berisi kretek idola. Pas gue buka, ternyata isinya bukan cuma Cap Djeruk Filter yang dia bilang dia bawain sebagai oleh-oleh. Tapi ada juga dua bungkus lisong isi 5 batang merk Seto dan sebungkus lisong tanpa merek berisi 3 batang. And I was like, "OEMJIH! SINIH KAMU AKU CIUM DULU BIAR GANTENG!"

Buat yang belom tau, lisong itu adalah rokok yang tembakaunya dicampur kelembak dan kemenyan. Nah, karena campuran kemenyan inilah, lisong sering disebut rokok dukun.

Untuk pertama kalinya, gue nyobain lisong dan gue pun langsung jatuh cinta pada tarikan pertama. Rasanya tuh unik banget soalnya. Sensasinya beda gitu. Yang biasanya gue akrab cuma sama rasa tembakau yang dicampur cengkeh sebagai penguat aroma, ini penguat aromanya berasal dari kelembak dan kemenyan. Rasa angker-angker gimana gitu gag sih denger kata kemenyan. Hahah.

Lisong pertama yang gue bakar adalah yang tanpa merek. Dibungkusnya pakek kertas kopi yang warna coklat.

Seperti biasa, sebelum gue bakar kretek, gue pasti bakal pijet-pijet lucuk itu batangan sebelum dibakar. Itu gue lakukan juga ke si lisong tanpa merek. Eh si lisong ini padetnya bukan main. Lebih padet daripada kretek Dji Sam Soe 99th Anniversary yang limited edition tahun lalu! Kata Arby, karena kepadatannya ini, si lisong mampu bertahan cukup lama. Ketika dibakar baru abis minimal 30 menit kemudian. Bahkan kalo si lisong ini ditinggal mandi dengan durasi mandi cowok kebanyakan, lo gag akan menemukannya habis terbakar sia-sia di asbak. Saking padet dan lamanya lifetime si lisong setelah dibakar. Terbukti loh. Tadi pas gue masih nge-lisong kan gue kebelet pup. Terus abis selesai pup yang lumayan lama, gue balik eh si lisong masih sama dong panjangnya kek pas gue tinggal buat pup.

Malemnya, gue ajak Arby mampir ke Kopikina dulu sebelum dia anterin gue pulang. Gue pun mesen macchiato buat nemenin kretek sambil battle scrabble sama Arby karena wifi di Kopikina lagi bermasalah. Pas lagi bingung enaknya bakar kretek yang mana, Arby nantangin gue untuk 'memistiskan' Kopikina dengan membakar lisong. Challenge accepted dan gue pun membakar lisong merk Seto yang warna ijo. Gag seasik lisong tanpa merek karena si merk Seto warna ijo ini baranya sering mati. Jadi kudu rajin dibakar ulang. Soal rasa, menurut gue lisong merk Seto ini lebih alus daripada yang tanpa merk. Aromanya juga menurut gue gag semenyengat yang tanpa merk.

Terus pas lagi asik bermain kata sambil ngudud, Putri -temen gue- yang lagi on duty sebagai waitress komplain.
"Lu ngerokok apa sih Sher? Baunya sampe belakang (baca: dapur) tau!"
Gue yang lagi dalam tantangan bersorak bangga dong karena berhasil nyebarin aroma lisong ampe dapur Kopikina. Gue pertamanya bingung. Kok kenanya ke dapur duluan? Ternyata gue baru sadar kalo gue duduk di meja deket mesin roasting kopi di mana terdapat exhaust fan di sampingnya yang anginnya nyembur ke tempat cuci piring. Jelas aja orang-orang dapur pada heboh begitu nyium baunya.
"Tinggal tambah kopi item. Pas deh lu jadi dukun."
Begitu kata Arby pas gue bilang kalo gue dikatain kek dukun sama temen-temen gue di dapur.

Sori, dukun Kopikina minumnya macchiato coy. #Songong

Pas mau balik, Putri bilang bau lisong gue kecium sampe meja paling ujung pojok di Kopikina. Hore lah gue karena berati misi gue sukses berat. Seisi Kopikina jadi beraroma mistis karena gue nge-lisong...

*sungkem ke Mas Angga*

Ampe sekarang gue masih bisa nyium aroma lisong di sekitar gue. Ini bau kemenyan keknya nempel gitu di dalem idung gue. Auk deh kapan ilangnya. Gapapa sih. Enak juga baunya.

Walau pun gue baru pertama kali nge-lisong, gue merasa kalo gue udah punya batasan untuk lisong yang gue bakar. Sehari cuma boleh satu. Kenapa? Karena barusan gue merasa kepala gue sedikit berdenyut. Gag parah macem Kyle pas pertama kali kretekan sih. Cuma kayak "nyut~", udah ilang. Gue ngeri kalo gue lewatin batas sehari se-lisong kepala gue bakal sakit macem migrain gue kalo lagi kumat.

Sekarang gue bingung sama durasi ngabisin kretek dan lisong yang gue punya. Mungkin bulan Oktober ini gue bakal pause beli rokok dulu kali ya.

Gue harap sih 'permen-permen' ini sanggup bikin lancar otak dan bikin lentur jemari biar gue lebih produktif lagi bikin tulisan buat dipamerin blog ini.

Yah. Semoga. :)


Cheers! ^^

No comments:

Post a Comment