Saturday 21 June 2014

Alter Ego

Alter ego itu adalah kepribadian lain yang berada di dalam diri. Kepribadian itu biasanya bertolak-belakang dengan kepribadian asli. Biasanya kepribadian itu muncul di saat-saat tertentu. Contohnya kayak Beyonce yang punya alter ego bernama Sasha Fierce. Itu si Sasha Fierce nongol setiap Beyonce lagi manggung. Lebih gampang lagi contohnya adalah Clark Kent yang cupu dan awkward bakal jadi kuat dan jago dan keren kalo jadi Superman.

Di tab It's Sherly Bitch gue memperkenalkan diri sebagai Sherly yang kalo berada di lingkaran komunitas seni dikenal sebagai Memei dan kalo lagi galau jadi Popskii.

Sejak gue punya panggilan Memei, gue pun mengkhayalkan ada 2 karakter lain dalam diri gue yang beda banget umur dan kelakuannya sama gue. Hmm, gue bingung gimana ceritainnya. Gue bakal cerita pelan-pelan deh biar yang baca ngerti. Hehe~

Jadi gini. Pas sebelum dipanggil Memei di lingkungan tertentu, gue udah suka banget sama nama Poppy karena itu nama terdengar 80an sekali. Lo pasti udah pada tau kalo gue suka banget sama hal berbau 80an. Nah, si Poppy ini gue kasih nickname Popskii karena gue rasa itu menambah kecentilan dan kepecicilan ala 80annya. Awal tahun 2012 pas gue mulai ngegarap Buletin Kinasih, gue tambahin Poppy dengan nama belakang yaitu Widyastuti. Jadinya kan Poppy Widyastuti. Itu gue bikin buat karakter gue di rubrik opini di Buletin Kinasih. Udah gitu aja.

Pas gue galau-galau jaman pertengahan sampe akhir 2012, gue gag mau keseringan keliatan galau di depan temen-temen gue. Jadilah gue ciptakan karakter kuat dan logis tak berperasaan yang gue kasih nama Poppy Widyastuti atau Popskii. Di kepala gue, Popskii ini yang memaki-maki gue untuk ngapain gue galau dan pikirin hal yang bikin galau. Gue harus lanjutkan hidup tanpa kegalauan. Gitu-gitu dah.

Dan Memei adalah karakter yang gue ciptakan yang akan muncul kalo lagi ada di hajatan teater kampus atau berada deket orang-orang yang punya aura ke-kakak-an. Kalo di hajatan teater, Memei yang nongol hanya lah nama. Itu Sherly yang sedang memperkenalkan diri sebagai Memei. Kalo lagi berada deket orang-orang yang mempunyai aura ke-kakak-an, baru lah itu Memei si bocah manja karakter ciptaan gue.

Udah ngerti belom sampe sini? Kalo belom mending sinih gue ceritain face to face. Gue suka ribet kalo jelasin beginian lewat tulisan. ~_~

Oke, sekarang gue mau ceritain sedikit siapa Memei dan Popskii yang gue ciptain ini.

MEMEI
Memei adalah diri gue yang berusia 6 tahun. Dia itu adik perempuan kecil yang manis dan manja. Suka banget es krim dan batrenya gag abis-abis. Kenapa batre nya gag abis-abis? Karena gue di usia 6 tahun juga gitu. Batrenya gag pernah habis. Hiperaktif gitu lah. Jadi selain kalo berada di dekat orang-orang dengan aura ke-kakak-an, Memei ini akan muncul kalo guenya capek namun masih harus melakukan banyak aktivitas.

Contoh nyata munculnya Memei di kala guenya capek adalah ketika pameran KKL tahun lalu di mana gue hanya sempat tidur 1 jam karena ngerjain laporan MPK. Mata ngantuk, tubuh lelah, namun pas pameran KKL berlangsung, gue masih bisa loncat-loncat kesana kemari dan semangat cekikikan sama temen-temen gue di pameran. Ya, karena rasa badan gue emang bukan rasa Sherly tapi rasa Memei. Kalo rasa Sherly mah keknya gue bakal ngumpet di belakang kubikel stand pameran buat bobok unyuk.

POPSKII
Poppy Widyastuti atau Popskii adalah seorang tante-tante (?) berusia 32 tahun namun masih berpenampilan layaknya gadis remaja belia pada masanya. Sekali lagi, pada masanya. xD Pernah merasakan masa remaja di tahun 80an makanya dia sungguh sangat khatam tentang segala hal gaul yang terjadi di tahun 80an. Memilih untuk gag menjalin hubungan serius dengan siapa pun karena orangnya sungguh sangat mandiri dan gag suka hal-hal yang romantis. Makanya kan gue bilang dia itu gag berperasaan dan sungguh logis. Jadinya kalo gue galau, ya dia lah yang marahin gue supaya gue gag galau lagi. Supaya otak gue jalan dan gag mandeg karena galau.

Dia ini yang bikin diri gue terlihat cakep dengan pakek baju yang cakep dan sesuai sama bentuk tubuh dan warna kulit gue. Dan sebenernya kalo gue keliatan pakek mek ap, itu adalah kerjaan Popskii. Karena gue kan anaknya mageran dan selalu berpikir pakek mek ap cuma kalo lagi mau kondangan aja. Maklum saja, dia anak keturunan darah biru dan gag suka banget sama yang lusuh-lusuh dan gembel-gembel. Makanya kalo gue terlihat sombong sama orang yang penampilannya gag rapih, harap maklum. Itu Sherly nya lagi Popskii mode: on. ~_~


Beberapa minggu yang lalu gue brosing-brosing tentang alter ego. Dan di salah satu website yang gue baca, untuk menciptakan alter ego itu menjadi nyata adalah kita harus mendeskripsikan sedetil mungkin tentang karakter atau alter ego yang kita ciptakan. Kek dari mana asal-usul si karakter, umurnya berapa, dia anak ke berapa, punya masa lalu kek apa, dan sebagainya.  Lalu kita pun harus, kalo kek di teater, mendalami karakter yang kita ciptakan.

Maka, dua karakter ini gue ciptakan bukan cuma biar terasa atau terlihat keren aja. Dengan dua karakter ini gue sekalian belajar pendalaman karakter kek yang biasa gue lakukan kalo mbak Kinasih ada hajatan pentas. Jadi nanti gue bakal anggun dan sombong dan cakep kalo lagi Popskii mode: on atau manja dan gag bisa diem dan girang banget kalo dikasih es krim kalo lagi Memei mode: on. Gitu.

Well, mungkin gue baru akan mulae bikin deskripsi dari Memei dan Popskii kalo gue udah kelar UAS. Karena kalo sekarang gue lagi sulit ngayal akibat tugas akhir yang menyita waktu dan tenaga gue. Dan semoga aja setelah itu deskripsi jadi, gue bisa sangat mendalami karakter Memei dan Popskii sampe keliatan beda banget kayak Lady Gaga pas jadi Jo Calderone ;)



Cheers! ^^

No comments:

Post a Comment