Monday 10 October 2016

#SherlyWisuda2017

Yak, dan bulan September gue cuma posting 1 entri. xD

Haloh! Ini sudah masuk bulan Oktober dan 2 bulan lagi tahun 2016 akan berakhir. Anjir kenapa cepet banget sih. Perasaan baru kemaren gue diceburin sama temen-temen gue ke kolam air mancur di Taman Suropati pas ulang tahun.

Tapi yang terjadi bukan hanya sesuatu yang cepat. Sesuatu yang lama juga terjadi at current moment. Lama namun tidak terlalu lama kek datangnya jodoh gue adalah kelulusan gue. Hahah. Gue adalah last man standing dari angkatan gue di Teater Kinasih. Temen seangkatan gue udah pada lulus, and here I am still stuck in a bamboo-forest-alike college called IISIP.

Judul postingan ini sesuai dengan harapan dan target gue semester ini. Lulus dan diwisuda di tahun 2017. Semester Genap 2017 lebih tepatnya. Namun sebelum gue bisa lulus, tentu saja gue harus menghadapi boss terakhir yaitu SKRIPSI.

Skripsi udah bikin gue ketar ketir sejak masih bikin seminar. Ampe akhirnya gue masukin berkas buat daftar ikutan skripsi, gue masih aja deregdeg. Semuanya terjadi karena kegugupan dan kecemasan gue, sebenernya. Pikiran, "Nanti gimana kalo gue gag bisa ngelewatinnya?", "Kalo skripsi gue pending, musti nyari duit di mana buat bayar satu semester kuliah lagi?", dan "Gimana kalo gue dapet dospem yang zonk?" melayang-layang selama gue nunggu pengumuman dospem keluar.

Ini juga pengumuman dospem pun telat karena semester ini terjadi perubahan sistem yang lebih ketat untuk menghindari mahasiswa skripsi kena pending karena masih ada persyaratan yang belum dilengkapi sebelum mulai skripsi. Jadilah gue dan kawan-kawan di grup skripsi WA terombang-ambing tanpa kepastian nungguin nama dospem keluar sampe minggu ketiga bulan September.

Lalu dua minggu lalu akhirnya keluarlah daftar dospem buat para peserta skripsi. Gue dan yang lain tentu harap-harap cemas dengan nama dosen yang akan membimbing perjalanan skripsi. Ngarepnya sih dapet dosen yang pernah ngajar seminar atau pancasila atau teori komunikasi pas dulu gue ambil. Tapi yang namanya ngarep tentu kudu siap sama yang namanya kecewa kalo yang terjadi gag sesuai harapan. Apalagi kalo yang terjadi malah lo dapet dosen yang pas ngajar di kelas aja kita gag tau maunya dia apa dan apa yang dia omongin.

Dan itu terjadi pada gue. Gue dapet dosen yang termasuk zonk. Kira-kira beginilah ilustrasi keadaan gue pas tau siapa dosen yang bakal membimbing skripsi gue:

Gambar di panel terakhir itu udah kayak anak SMA yang ngeliat 2 strip di test pack. Tapi kurang lebih kek gitu lah yang gue rasakan. Kek, anjir, how can I go on sama dosen yang pas gue masuk kelasnya aja gue gag paham sama apa yang dia bahas, let alone dia jadi dospem gue? Gue (dan sebagian besar mahasiswa di kelasnya dia) gag paham sama yang dia bahas bukan karena tingkat intelegensi yang rendah, tapi karena itu dosen kalo ngomong tuh gag jelas. Kek mumbling, ngomong sambil kumur-kumur ato sikat gigi gitulah.

Tapi yang gue denger, ini dosen brilian sangat kalo elo bisa ngertiin dia. Untuk kasus gue, kalo gue bisa berkonsentrasi penuh pas lagi bimbingan sama dia. Semoga aja gue bisa berdamai dengan gaya bicaranya yang cukup unik ini. Gue suka lama mudeng soalnya kalo ngomong sama orang yang pinternya kebangetan.

Well, sampe postingan ini diketik, gue belom bikin satu kalimat pun untuk bab I. Bahkan baru kemaren netapin apa yang mau gue teliti. Itu juga dengan bantuan banyak orang termasuk salah satu junior gue yang baru ambil mata kuliah seminar semester ini. Sounds crazy enough? Anak skripsi seeking help dari juniornya yang bahkan masih ngerjain seminar, tapi karena dia lebih keen sama kegiatan penelitian, dia lebih tenang ngadepin bab 1 daripada gue yang udah ambil seminar dan lagi mulai ngerjain skripsi. Semua harga diri dan wibawa ke junior mah luruh deh kalo elo gag tau musti ngapain dan mulai dari mana dalam hal pengerjaan skripsi kek gini.

Nanti siang gue mau ketemu sama dospem lagi untuk ngajuin apa yang akhirnya sudah gue temukan untuk gue teliti. Semoga yang gue ajukan diterima supaya bisa langsung gue eksekusi buat bikin bab 1.

Segala bantuan untuk guiding gue selama bikin skripsi akan gue terima dengan tangan terbuka. Bahkan jika ada yang mau bantu nenangin gue yang gampang panik jika keadaan gag sesuai rencana juga boleh loh hayuk sini ajak gue ngobrol biar selow.


Cheers! ^^

1 comment:

  1. Selamat:
    1. Lanjut skripsi-nya.
    2. Dospem zonk-nya.
    3. Wisuda 2017-nya.

    ReplyDelete