Wednesday 15 June 2016

Chasing Pavement

Gue termasuk pecinta jalan kaki. Meski kalo sekarang untuk jalan kaki kudu ada syarat dan ketentuan yang berlaku, tapi gue tetep suka jalan kaki. Kalo gue telusuri, ternyata kecintaan gue terhadap jalan kaki ini bermula sejak jaman SD.

Saat itu, gue kalo main kelamaan di sekolah kan suka ditinggal sama mobil jemputan. Untuk mencapai rumah, gue pun akhirnya memutuskan untuk jalan kaki. Gue lupa kenapa bisa memutuskan begitu. Apa karena gue gag ada uang buat bayar bus (pas SD gue emang gag dikasih uang jajan rutin) atau karena gue belom begitu jago naek bus.Yang jelas, jarak antara sekolah ke rumah gue itu ternyata gag wajar untuk dilalui sama anak kelas 3 SD dari keluarga kelas menengah di Jakarta.

Sekarang kalo mau jalan kaki kudu ada dorongan impulsif dari dalam diri alias mood dan/atau cuaca yang mendukung. Misalnya kalo disuruh ortu beli apaan gitu. Kalo gue lagi mood dan cuaca bagus (gag hujan dan matahari gag terlalu ceria penampakannya), sejauh apapun pasti akan gue tempuh dengan jalan kaki. Tapi kalo lagi gag ada mood sama sekali, meski jaraknya cuma kek selemparan batu, gue pasti bakal menempuhnya pake motor.
 
Senin (13/6) kemarin, hasrat impulsif gue untuk berjalan kaki mendadak muncul begitu saja. Jadi ceritanya kemaren itu gue kan ke kantor Poskota di daerah Gajah Mada sama temen-temen sekelompok gue buat tugas UAS. Setelah selesai urusan di Poskota, gue pun misah sama rombongan kelompok gue -yang pada langsung balik- dan cabut ke bank buat bayar uang ujian. Abis selesai bayar uang ujian, gue samperin motor di tempat parkir. Lalu gue pun kepikiran, "Seru kali ya kalo ini pertokoan gue susurin sambil jalan kaki...". Fyi, pertokoan di daerah Gajah Mada itu bentukannya sungguh old school. Menarik banget untuk disusuri oleh gue yang suka dengan hal-hal bercitarasa masa lalu.

Akhirnya gue pun memindahkan posisi helm yang tadinya ada di spion ke pengait yang ada di dalam jok motor gue supaya gag hilang untuk kemudian memulai perjalanan menyusuri pertokoan di Gajah Mada. Perjalanannya ternyata tidak selurus yang gue bayangkan. Gue pikir kan gue hanya perlu jalan di pertokoan yang sekaligus menjadi trotoar di daerah Gajah Mada itu. Eh tetep dong gue musti menyusuri jalanan di luar trotoar karena di beberapa spot tempat untuk pejalan kaki tersebut ada yang diramaikan oleh entah motor dan mobil yang parkir maupun para pedagang koper (dan pedagang lainnya. Tapi yang paling gengges emang kang koper karena nutupin lebih dari setengah jalan yang ada).

Ini nih salah satu hal yang bikin gue gag betah jalan kaki sering-sering kalo lagi gag pengen-pengen banget. Trotoarnya gag memadai. Entah rusak tak terawat maupun rame sama pedagang. Belom lagi kalo ada pemotor gag sabaran yang malah ngambek kalo ada pejalan kaki yang lagi jalan santai di trotoar. Gag asik deh.

Udahlah udara dan cuaca di kota ini gag asik yekan, minimal tempat buat jalan kakinya dijadiin asik lah gitu. Emang sih udah banyak trotoar-trotoar asik di Jakarta. Tapi yang masih belom asik juga sama banyaknya. Udah gitu ada juga jalanan yang bahkan gag ada trotoarnya. Kalo begono, kite jalannya gimane? Kudu sambil nengok-nengok itu kalo jalan di jalanan yang kek begono. Kalo gag, bersiaplah untuk 'diusap' sama kendaraan yang lewat. Gag aman banget, kan?

Persoalan trotoar mah sebenernya udah jadi persoalan lama buat Jakarta. Tapi mungkin saking banyaknya jalanan di Jakarta, pembuatan, perawatan, dan penertiban trotoar di Jakarta jadi agak lama gitu durasinya.Udah gitu yang diprioritasin cuma trotoar yang berada di jalanan protokol yang menjadi 'wajah' kota Jakarta. Yaudah deh, kalo daerah minggir yang gag termasuk 'wajah' untuk dipamerin jadinya seadanya gitu itu trotoar.

Kalo aja trotoar di Jakarta dicakepin tanpa pilih kasih, gue rasa penduduk Jakarta bakal rajin jalan kaki dan jarang menggunakan kendaraan pribadi. Terus kalo capek jalan kaki, jangan sedih, masih ada angkutan umum macem bus TransJakarta (TJ) atau pun ojek online yang belakangan ini lagi hits. Enggak, gue gag rekomendasiin naik bus kota atau angkot untuk pilihan angkutan umum karena bentuk dan kelakuan mereka lebih jelek dari skill berbahasa Inggris gue jaman kelas 3 SD. Mending naek TJ ato minta dijemput kalo ada yang mau jemputin.

Kemaren gue berhasil jalan kaki PP dari kantor Poskota sampe Glodok. Itu kalo gue lagi gag bawa laptop dan gag inget Mr. Bad Guy nungguin gue dengan setia di depan kantor Poskota, kemungkinan besar bisa lanjut ampe Kota Tua. Ternyata segitu aja jauh, loh. Gue ngeh itu jauh pas gue jalan balik dari Glodok menuju kantor Poskota lagi. Sempet kepikiran juga, dengan keadaan trotoar yang kek gitu aja gue bisa jalan sejauh itu pas siang-siang, gimana kalo trotoarnya rapih kek di New York atau di London? Mungkin gue bakal jalan kaki mulu kali ke mana-mana terlepas sejauh apa jarak yang harus gue tempuh.

Iye, kedua contoh kota itu gue pake karena sering gue liat trotoarnya tiap nonton serial TV yang berlatar tempat di sana.

Abis ini gue jadi semacam tertantang untuk jalan kaki dari Harmoni ke Kota Tua. Kalo dari HI sampe Istana Negara kan udah sering tuh jalan kaki bolak-balik. Pengen aja nambahin catatan jarak tempuh terjauh. Biar keren, gitu. Ehe.

Btw, Bunderan HI ke Istana Negara sama Harmoni ke Kota Tua tuh jaraknya jauhan mana, ya, bok?


Cheers! ^^

No comments:

Post a Comment