Monday 30 May 2016

23: Tentang Jodoh

Setelah kemarin-kemarin gue ngomongin kedewasaan dan kesehatan, kali ini gue pengen ngomongin soal jodoh. Iya memang gue pernah bilang kalo udah gag ngoyo lagi soal yang namanya punya pasangan. Tapi sebuah kejadian, yang menurut gue, lucu membuat gue ingin mengakhiri bulan Mei dengan postingan tentang jodoh.

Begini ceritanya...

Pagi hari di tanggal 13 Februari lalu, seorang ibu memberi selamat kepada putrinya yang hari itu berulangtahun. Usia sang putri tahun ini adalah 23. Seperti biasa, sang ibu pun cipika-cipiki dan cijidat putrinya sambil mengucapkan harapan-harapan agar putrinya dapat menjalani kehidupan yang penuh berkah. Begini kira-kira percakapan saat itu:

Sang Ibu: Selamat ulang tahun... *cipika*
Sang Putri: Makasih mama! ^^
Sang Ibu: ...sehat selalu... *cipiki*
Sang Putri: *senyum sumringah*
Sang Ibu: ...murah rejeki... *cijidat*
Sang Putri: (dalam hati) ...pasti abis ini bakal bilang "Cepetan lulus".
Sang Ibu: *menatap putrinya agak lama* ...enteng jodoh. :)

JENGJET!

Sang putri pun terbelalak kaget karena baru di ulang tahunnya kali ini salah satu harapan ibunya adalah supaya dia enteng jodoh.

Iya. Gue beneran kaget pas kata-kata "enteng jodoh" keluar dari mulut nyokap. Saat itu gue beneran berharap doi bilang "cepet lulus" atau "jangan nakal-nakal lagi". Gag kebayang bakal didoain enteng jodoh. Hahaha...

Gue harap hal ini bukan sinyal kalo nyokap pengen cucu dari gue. ._.

Yak, gue sudah berada di usia di mana teman-teman seumuran gue udah ada yang married dan punya anak. Beberapa temen deket gue malah udah sering dikodein sama orangtuanya supaya segera memberikan mereka cucu. Kebetulan para temen deket gue ini adalah anak perempuan pertama di keluarga yang punya adek cowok. Bila dikaitkan dengan budaya di Indonesia di mana seorang kakak -apalagi jika berjenis kelamin perempuan- gag boleh dilangkahin dalam hal nikah-nikahan, maka temen-temen gue itu cuma bisa nyengir kudanil aja kalo orangtuanya udah mulai melancarkan kode.

Sebagai anak kedua dari dua bersaudara, tentulah gue merasa aman-aman aja. Apa lagi enci gue kan udah nikah dan udah punya anak 2. Jadi terbebaslah gue dari kode-kode yang biasa dilancarkan orangtua yang kebelet nimang cucu. Gue cuma ikutan nyengir kudanil aja sama temen-temen gue tiap mereka cerita kalo mereka abis dikodein sama orangtua masing-masing.

Lalu keluarlah 2 kata tersebut dari mulut nyokap yekan. Bucet, gag nyangka itu bakal keluar secepat ini. Padahal nyokap sangat paham kalo gue bikin skripsi aja belom. Hahaha...

Well, selain soal dewasa-dewasaan yang gue ceritain di postingan ini nampaknya gue juga harus mulai terbiasa sama jodoh-jodohan dan nikah-nikahan. Salah satunya adalah terbiasa dapet kabar kalo temen seangkatan gue ada yang mau/udah married.

Oke. Balik lagi ke soal jodoh.

Sejujurnya saat ini gue beneran gag kepikiran soal jodoh. Sama sekali. Fokus gue sekarang adalah mendapatkan judul bagi penelitian gue dalam rangka menjalani skripsi semester depan dan akan kerja di mana setelah lulus. Dah.

Sempet waktu kemaren masih ngantor kepikiran, "Lucu juga nih kalo punya pacar". But that's it. Cuma sekedar pikiran abstrak aja. Lalu gue pun melanjutkan kerjaan gue yang tertunda oleh pikiran abstrak numpang lewat saat itu.

Pernah juga introspeksi sambil berkontemplasi, kenapa gue gag berpacar. Terus gue menyadari, gue masih terlalu sibuk dan asik sendiri. Selain itu gue ternyata memang gag seperlu itu punya pacar. Makanya beloman dikasih sama Tuhan yekan.

Karena gue mikir, iya Tuhan kasih gue pacar. Gue ketemu orang yang pas dan orang menemukan kalo gue adalah orang yang pas buat dia. Lalu apa? Gue harus ngapain abis itu? Bingung juga kan? Makanya gue rasa emang saat ini bukanlah saat yang tepat buat Sherly untuk berpacaran. Abisan kalo pun gue dikasih pacar sekarang, yang ada si pacar bisa gue anggurin karena guenya sibuk sendiri. Kalo saat gue berkontemplasi itu sih kemungkinan paling besar gue sibuk kerja. Kalo sekarang ini kemungkinan besar karena gue matiin paket data biar irit kuota.

Lagi pula, gue juga emang belom pengen banget jadiin Eby dan Flo sebagai bridesmaid karena hal yang pernah gue tulis di sini dan, tentu saja, enci gue udah married dan beranak pinak yang menjadikan kedua hal tersebut bukanlah kewajiban gue sebagai anak untuk saat ini. Yang penting lulus kuliah dulu. Ohohoho~

Jadi, yeah, biarlah soal jodoh-jodohan ini menjadi harapan yang diucapkan seorang ibu kepada putrinya yang sudah beranjak dewasa namun belum lulus kuliah. Kali aja harapan enteng jodoh dari nyokap maksudnya dientengin berjodoh sama MIKA atau Gaspard Ulliel atau Theo Hutchcraft. #HaluGagAdaObat


That's all, folks!

No comments:

Post a Comment