Wednesday 18 May 2016

23: Tentang Kesehatan

Waktu bilangan usia gue dalam bahasa Inggris masih ada kata 'teen' di belakangnya (thirteen sampe nineteen), gue gag begitu peduli sama gangguan kesehatan yang dialami orangtua gue. Gue merasanya penyakit macem kolesterol, diabetes, dan darah tinggi cuma bakal dialami mereka-mereka yang seusia orangtua gue. Lalu ketika gue akhirnya berada di usia yang kalo kata orang-orang merupakan fase dewasa, barulah gue sedikit kepikiran sama tiga penyakit yang gue sebutin di atas.

Tapi bukan berati gue memikirkannya secara serius. Masih aja gue anggep angin lalu. Ampe akhirnya di tahun 2014 kemaren, tepatnya pas gue baru-baru mulai gawe sebagai koki di Kopikina, gue ngerasa leher bagian belakang kok nyeri pisan. Terus maid di rumah temen gue bilang, "Kolesterol kali itu, dek." JENGJET! Terkejutlah gue. Sempet denial karena gue pikir kolesterol kan penyakitnya nyokap-nyokap. Masa gue kenaknya sekarang sih?

Temen gue bilang kalo seusia kita juga bisa kenak yang namanya kolesterol akibat makanan yang dikonsumsi. Pas gue jadi chef di Kopikina, kebetulan emang gue seringnya makan-makanan yang, kalo kata nyokap gue, berkolesterol. Makan gorengan yang minyak untuk menggorengnya udah dipake lebih dari dua kali adalah sebuah rutinitas saat itu. Akhirnya setelah 'ditakut-takutin' resiko kolesterol, gue mulai mengurangi makan goreng-gorengan dan sampe sekarang semakin rajin makan sayuran.

Ancaman kolesterol gag berenti saat itu aja. Gue kembali dibikin jiper sama nyeri yang disinyalir diakibatkan oleh kolesterol sekitar bulan Maret lalu. Apakah gue kembali makan goreng-gorengan sembarangan? Oh tentu tidak!

Di postingan ini gue bilang kan kalo gue kembali kerja demi untuk membiayai keseharian gue yang udah kembali kuliah. Nah, bos gue di tempat yang sekarang pas sebulan pertama gue gawe selalu ngajak makan siang di restoran Padang. Keadaannya saat itu suaminya lagi berada di Shanghai sehingga dia gag manggil tukang masak karena emang bos gue ini gag begitu suka makan. Jadi daripada makanan yang dimasak gag kemakan, baiknya dia makan di luar aja. Jadilah sejak gue mulai gawe gue pun mengkonsumsi segala macam makanan khas Padang dengan berbagai kombinasi.

Jujur aja, gue demen banget yang kek begini. Karena menurut gue, harga makanan di restoran Padang itu cukup berlebihan untuk dompet gue. Ini gue dijajanin makan di resto Padang tiap makan siang sama bos gue. Bukan main gembiranya diri ini. Gue ampe sempet mikir kemungkinan gue bisa tari piring sambil kayang kalo hal ini terus terjadi selama sebulan.

Semua berjalan asik sampe akhirnya di minggu ketiga gue makan kuliner yang dikenal oleh keramean kolesterolnya. Suatu malam gue sempet ngerasain lagi sakit di leher bagian belakang kek yang pernah gue alami pada 2014 lalu. Kali ini bikin gue ampe gag bisa tidur. Lebih sakit dari yang sebelumnya.

Sebelum ngerasain itu sakit, nyokap sempet kasih warning pas gue bilang kalo tiap makan siang, bos gue selalu ajak makan nasi Padang. Doi bilang jan sering-sering, makanan bersantan itu gag baik dimakan terlalu sering. "Mama aja jarang banget kan masak makanan bersantan. Sebulan sekali aja belum tentu," begitu kata nyokap saat itu yang gue anggap sebagai angin lalu karena gue masih terlalu muda untuk memperhatikan apa yang gue makan. Eh abis itu leher bagian belakang gue sakit bukan main. Terus gue sungkem deh sama nyokap. ._.

Selain soal makanan berkolesterol, nyokap juga udah mulae nge-warning gue yang hobi makan di atas jam 8 atau 9 malam. Baek-baek diabetes, katanya. Umur 23 tuh kata doi udah harus kurangi makan malem karena katanya metabolisme udah mulae melambat. Padahal 2 tahun lalu si nyokap sering bilang, "Sherly mah masih gapapa makan malem. Abis makan terus langsung tidur. Metabolismenya masih bagus. Kalo mama tuh bisa jadi gembrot kalo abis makan langsung tidur." Gitu.

Kalo soal diabetes sih gue memang udah concern sejak masih SMA. Tapi karena saking seringnya nyokap bilang begono, lama-lama gue jadi mengimani kalo gue masih belom perlu khawatir soal diabetes-diabetes-an. Baru sekarang aja nih setelah nyokap kasih warning gue akhirnya mulai jarang makan setelah jam 8 malam dan langsung tidur.

Terakhir adalah ancaman penyakit darah tinggi. Soal kesehatan jadi krusial loh di usia gue saat ini. Si nyokap selain soal kolesterol dan diabetes sekarang juga rajin nge-warning gue soal darah tinggi. Nah yang satu ini nih gue masih anggep angin lalu seada-adanya. Gag kek 2 penyakit yang gue sebutin di atas. Karena sejak SMA kelas 11 tekanan darah gue selalu rendah dan di bawah standar. Artinya gue darah rendah dong ya. Jadi menurut gue makan-makanan yang asin-asin berati gag masalah dan malah kudu di-courage untuk mengkonsumsinya.

Baru di usia 23 ini gue disuru kurangin makan yang asin-asin. Kali ini gag cuma nyokap yang nge-warning, si bokap ikutan juga! Gue masih ngebantah tuh dengan alesan kalo tekanan darah gue rendah, jadi gag mungkin kena darah tinggi. Tapi entah deh. Sebenernya gue kudu gimana sik? Please kasih tau yang sebenarnya bagi viewers yang ngerti soal beginian. Thank you in advance.

Selain penyakit-penyakit dalem itu, berada di usia 23 membuat gue merasa penuaan dini. Bukan di ranah komuk sudah mengeluarkan kerut-kerut keriput. Tapi lebih ke badan gue. Sekarang ini gue gampang banget cape dan nyeri sendi. Emang sih ini karena gue juga udah jarang olahraga. Terutama sejak mulae cuti dan kerja sehingga gue udah jarang banget gerakin tubuh pas latihan teater.

Sekembalinya gue ke kampus dan mulae ikutan latihan bareng Kinasih, keesokan harinya badan gue rasa rentek. Padahal latihan yang gue lakukan pada hari sebelumnya tuh gag berat sama sekali. Cuma latihan dasar doangan. Ini malah bikin badan gue pada nyeri dan susah bangkit dari kasur. Udah macem nenek-nenek gitu deh rasa badan gue pas akhirnya kembali latihan setelah sekian lama.

Jelek banget ini efek penuaan dini di badan gue. ._.

Kesimpulan yang gue dapet dari segala penyakit yang dulunya gue anggep cuma miliknya orang dewasa (tanpa gue menyadari kalo sekarang gue juga sudah berada di fase orang dewasa) adalah kita udah kudu concern sama kesehatan dan apapun yang kita konsumsi kalo sejak menginjak usia 20an. Karena kita udah bukan teenager lagi. Selain itu, ternyata penuaan dini gag cuma soal nongol kerut-kerut keriput di muka. Gitu.


That's all, folks!

No comments:

Post a Comment