Saturday 19 April 2014

Spaghetti Rasa Oriental

Syudah lama tak berkarya di blog ini. Memang lah kemageran saya sudah sangat mendarah daging karena sampai di 2/3 bulan April saya belum ngepost apapun di sini.

Namun jangan sedih. Saya hadir kembali untuk para viewers yang merindukan postingan saya. #AnggapSajaBlogIniBanyakFansnya

Jadi barusan gue baru aja selesai melakukan eksperimen di dapur. Ada 2 kotak spaghetti nganggur dan menggoda banget buat gue grepein. Jadi dengan semangat seorang koki, gue minta ijin dah sama nyokap buat grepein itu spaghetti. Ijin didapat, aksi dimulai~

Mumpung gue masih inget apa aja yang gue masukin pas bikin spaghetti tadi, maka kali ini gue pingin berbagi resep buat kalian-kalian para viewers gue.

Gue akan kasih direction aja. Bahan-bahannya silakan perhatikan dari direction. #KokiMageran

Jadi tadi 2 kotak spaghetti nya memiliki berat 200 gram. Gue rebus dah tuh di air mendidih yang udah dikasih garem dan minyak goreng secukupnya ampe al dente. Setelah itu, spaghettinya gue tirisin dan gue taro lagi di panci tempat gue rebus itu spaghetti.

Terus spaghetti yang ada di panci tadi gue campurin pakek 2 sendok makan minyak wijen. Tapi cara gue adalah 1 sendok makan minyak wijen dimasukin ke spaghetti, terus di aduk. Udah terasa rata, masukin lagi 1 sendok makan minyak wijennya. Aduk lagi deh sampe rata banget.

Setelah minyak wijennya rata di spaghetti, gue tabur-tabur deh oregano kering yang bisa didapat di supermarket di kota anda. Karena gue suka sama oregano, itu barang gue tabur-tabur semau gue lalu gue aduk rata. Amount nya sesuai selera. Kalo gue, semaunya.

Gue gag suka pedes. Namun kalo spaghetti gue gag gue kasih yang pedes-pedes sedikit, rasanya bakal jadi datar kayak dada gue. Jadinya gue tambahin 2 sendok teh Boncabe. Bisa juga pakek chili flakes. Terserah mau yang mana. Karena di rumah gue adanya boncabe, yaudah gue pake itu. Aduk-aduk lagi ampe rata.

Merasa kurang yahud, gue ubek-ubek dah itu kulkas mamak gue. Gue menemukan saus teriyaki. Namun sayangnya, itu saus udah kadaluwarsa. Gue bete. Namun nyokap bilang kenapa gag pakek saus tiram aja. Gue tanya apakah enak minyak wijen dicampur saus tiram. Katanya enak. Yasudah, karena itu yang ngomong mamak saya, saya percaya pun. Gue tambahin itu racikan spaghetti dengan 1 sendok makan saus tiram. Karena saus tiram ini teksturnya kental, ngaduknya kudu sepenuh hati biar kecampur. Setelah tercampur rata, sisihkan deh.

Sambil nunggu kompor available karena si nyokap juga lagi masak, gue iris tipis dah itu seperempat bagian bawang bombay. Lalu gue pisahin biar bentuknya kayak setengah lingkaran. Tak lupa gue iris kecil-kecil pun 3 potong filet dada ayam.

Begitu kompor available, langsung lah gue panasin 3 sendok makan minyak goreng di teflon buat numis bawang bombay sampe harum. Setelah bawang bombaynya harum, gue masupin dah potongan ayam tadi. Masak ampe ayamnya mateng. Setelah ayamnya mateng, masukin deh spaghetti yang tadi udah diracik. Aduk rata sampe ayamnya udah misah-misah dan tersesat di tumpukan spaghettinya.

Setelah rata, matikan kompor dan sajikan di mangkuk besar seperti di gambar ini:


Gue kasih mamake coba dah itu spaghetti eksperimen gue. Katanya enak. Rasa oriental nya dapet. Tapi beliau kurang sreg sama spaghetti yang gag pakek saus tomat (saus bolognaisse). Gue kasih coba pun ke bokap, namun karena ketersediaan gigi yang sangat minim di mulutnya, spaghetti gue dibilang terlalu keras. (._.) #NasipYaNasip

Overall, gue suka sama rasa eksperimen gue kali ini. Dan enaknya eksperimen gue ini pun udah dilegitimasi sama nyokap gue. Jadi, yeah, gitu lah. Gue tadinya agak ragu mau pakek minyak wijen. Soalnya pernah gue campur buat sup jagung dan itu sup jagung rasanya jadi gag enak. Eh ternyata gue pakek di marih jadi enak. Rasa yang menguar di mulut jadi rasa minyak wijen dan pedas dari Boncabe. Tapi kalo diendus, elo akan menyadari ada sepercik aroma oregano di spaghetti gue.

Resep ini masih relatif rasanya buat lidah selain lidah gue dan nyokap gue. Jadi boleh loh ini resep gue dimodif. Kalo bisa, setelah dimodif, kasih tau gue apa yang ditambahin di resep ini. Mau lah gue coba resep modifan anda semua. :9

Cheers! ^^

No comments:

Post a Comment