Monday 3 February 2014

Cinak!

Karena kemaren baru aja terjadi yang namanya tahun baru imlek, gue mau sedikit cerita soal sepersekian mililiter darah keturunan gue.

Ya. Gue punya sebagian darah Chinese yang gue dapet dari bokap gue.

Kebanyakan orang gag akan ngeh gue keturunan Cina sebelum gue ceritain ato ketemu sama orang tua gue. Seringnya sih gue dapet tatapan dan cengiran gag percaya kalo gue ceritain. Kenapa? Ya seperti yang lo liat aja di foto-foto gue. Secara fisik, gag ada satu bagian pun yang menandakan gue adalah keturunan Cina. Sipit, engga. Kulit coklat. Gag bisa bahasa Mandarin juga kan. Udah gue ceritain juga biasanya pada belom percaya-percaya banget sampe mereka gue ajak ketemu orang tua gue. Setelah itu mereka akan langsung nuduh kalo gue bukan anak kandung. Memang teman-teman gue banyak yang gag sopan zzz... --a

Makanya gue selalu bilang kalo gue adalah keturunan Cina yang rendah hati karena gag mau menunjukkan ke Cina annya. Hehe..

Karena gue dapet ke Cina an gue dari bokap, tentulah gue punya nama Cina yang membawa marga keluarga. Marga gue Lim. Bokap ngasih gue nama Xie Lie. Jadinya Lim Xie Lie. Dan sampe sekarang gue gag tau hurup Cina dari nama gue sendiri karena si bokap lupa gimana tulisannya. Doi cuma bilang kalo hurup buat nama depan gue, Xie, itu diambil dari hurup yang artinya 'es batu'. Nah kalo 'Lie' nya si bokap lupa sama sekali pakek hurup apa. Malah kemaren si bokap suruh gue ke Tepekong (gue gag tau gimana ejaannya yang bener) buat nanya hurup di nama gue. Kalo marga, Lim, sih si bokap masih tau bentuk hurupnya.

Sampe sekarang gue sangat ingin tau gimana tulisan Cina buat nama gue. Jadi buat siapapun viewer gue yang ngarti bahasa Mandarin, plis banget tulisin hurup Xie yang artinya es batu. Tar buat hurup Lie nya gue cari sendiri dah. Tapi kalo ada yang mau kasih tau dan tulisin hurup buat Lie juga gue mah alhamdulillah. ;)

Btw, kalo gue perhatiin ya, beberapa orang Cina Kalo punya nama lain selain nama lahir misalnya kayak pakek nama barat gitu selalu naro marganya di belakang nama baratnya dia. Nih misalnya kayak namanya Vanness Wu. Dia kan punya nama Cina tuh Wu Jian Hao. Berati kan marganya dia Wu. Vanness nama baratnya dia lalu diikuti Wu yang merupakan nama marganya, jadilah Vanness Wu. Nah kalo marga gue kan Lim. Nama gue di Indonesia Sherly. Berati gue bisa lah muncul dengan nama Sherly Lim.

Nah karena Cina itu menganut garis keturunan patrilineal, berati yang bisa bawa marga cuma anak cowok. Kalo married, menurut penerawangan ilmu sotoy gue, berati si cewek bakal kehilangan marga mereka dan digantikan sama marga dari suaminya. Gue sering bayangin kalo gue married sama Vanness, nama Cina gue jadi Wu Xie Lie ato kalo dicampur pakek nama Indonesia gue jadinya Sherly Wu. U,u

Sayangnya Vanness gag married sama gue. Jadinya yang nama marganya diganti malah Arissa Cheo yang merupakan istrinya sekarang. Jadilah si Arissa (deileh, berasa kenal bener) gue perkirakan sekarang nama lengkapnya jadi Arissa Wu.

Hmm, apa lagi ya? *jawil-jawil dagu sendiri*

Oh iya!

Kalo di Meteor Garden kan nama kecilnya Dao Ming Si tuh A Si. Jadi perpaduan dari hurup A (tentunya hurup A Cina) dan nama belakangnya. Gag cuma di Meteor Garden gue menemukan yang kek gitu. Di serial drama Taiwan lain juga gitu. Hurup A diikuti nama belakangnya.

Nah, gue pun ikut-ikutan bikin nama kecil macem namanya Dao Ming Si gitu.  Hurup A ditambah nama belakang gue yaitu Lie. Jadinya A Lie deh. :D

Tapi gue keknya bakal pakek Sherly Lim daripada A Lie kalo di Indonesia. Gue males kalo entar nama gue A Lie diplesetin jadi Ali. --a

That's all, folks!

No comments:

Post a Comment