Saturday 16 February 2013

Balikin Gue Ke Umur 6 Tahun, Please

Gue beneran pengen balik lagi jadi Sherly versi umur 6 tahun. Kenapa eh kenapa? Karena gue merasa di umur segitu tuh gue gampang banget kenalan dan ngobrol panjang ngalor-ngidul sama orang yang baru gue kenal.

Gue inget waktu umur segitu tiap diajakin makan di puncak sama ortu, gue pasti selalu punya aja temen baru buat diajak main. Tempat makan di pucak itu kan suka ada children playground nya. Nah berhubung gue gag punya adek dan enci gue juga udah gede banget saat itu, jadilah gue main sendiri aja. Dan karena itu children playground umum, pastilah gag cuma gue yang keliaran main disana. Disitulah gue suka kenalan sama anak-anak yang juga lagi main disana. Proses kenalan dan mainnya juga berlangsung dengan smooth. Kayak cuma "Hai, aku Sherly (salaman). Kita main bareng yuk.". Gitu aja. Malah dulu gue pernah ampe diajak main kartu sama sodara-sodara si temen baru itu

Yang gue bingung, kok kemampuan gue buat kayak gitu sekarang menghilang? Padahal sebagai calon jurnalis, skill yang kayak begonoh yang dibutuhin. Gue sekarang kayak susaaahhh banget memulai interaksi sama orang yang baru gue kenal. Gag usah yang baru gue kenal buat gue ajak ngobrol random deh. Orang yang baru gue kenal untuk keperluan wawancara aja gue gagap. Phew, ada ap sih nih. Gag ngerti gue.

Dan kemaren pas main sama temen gue yang seorang peneliti, gue kayak kagum gitu dia bisa cepet akrab sama kang soto dan pemain saxophone yang lagi latihan di jembatan penyebrangan yang kita lewatin. Duh, gue kok gag bisa kayak gitu ya? Lebih tepatnya, gag bisa kayak pas gue umur 6 tahun dulu.

Gue merasa sekarang ini gue jadi terlalu perasa. Mungkin aja sih faktor keadaan gue pas SMA yang bikin kayak gitu. Gue kalo ketemu orang baru cuma 2 yang terjadi, kalo gag curigaan, jadi rendah diri banget. Mikirnya kelamaan. Jadinya gag bisa mulai percakapan duluan. Kalo pun bukan gue yang mulai percakapan, guenya juga masih mikir dan curigaan sama itu orang. Gag bisa basa-basi. Semacam social anxiety gitu kalo gue tebak mah.

Jadi siapapun yang baca tulisan ini, please, bantu balikin mental gue kayak pas umur 6 tahun. Gue butuh banget itu mental sebagai calon jurnalis. :(

That's all folks!

No comments:

Post a Comment