Monday 21 January 2013

Epic, The Flood is EPIC

Jadi gini. Dari hari Kamis (17/1) sampe Sabtu (19/1) gue dokem di rumah. Gag latian atopun berkegiatan kemana-mana. Gue ngebabu aja tuh 3 hari di rumah. Apa pasal? Penyakit ibukotah tercintah kalo musim ujan. Banjir. Yak, banjir sodarah-sodarah. Siklusnya emang agak ngaco sih. Pan aturan 5 taun sekali yak. 

2002 pas gue SD, banjir gede tuh. Rumah gue sih aman. Gag kena banjir pun karena lokasi rumah gue agak tinggi. Tatatapi, terisolasi karena air mengelilingi kawasan Taman Delima dan Delima.

5 taun kemudian, tepatnya tahun 2007, banjir gede lagi. Gue udah SMP tuh saat itu. Kelas 8. Gag terisolasi sih. Tapi ibarat pengangguran terselubung, gue dan temen-temen sekolah terselubung. Kok bisa? Yaiyalah, guru-gurunya pada kebanjiran. Jadi selama seminggu gue dan temen-temen yang gag kebanjiran masuk sekolah cuma buat absen doang. Masuknya juga seenaknya. Ada yang masuk jam 9, ada juga abis absen langsung pulang lagi. Hahaha... Epic dah tuh waktu itu.

Menurut penerawangan ilmu sotoy gue, 5 tahun setelah banjir gede taun 2007, akan terjadi banjir gede lagi di taun 2012. Tapi, MANAH BANJIRNYAH MANAH?! Adem adem aja tuh 2012. Gag ada banjir-banjir acan. Yasudah, berati banjir gedenya disimpen buat 5 taun lagi. Taun 2017. Flood, I'm ready. Ven a mi. *muka songong ala koboy*

Etatatapi, gag perlu tuh nunggu ampe 2017. 2013 udah dateng aja dong itu banjir. Gue ready buat taun 2017, bukan buat 2013. Yah, jadilah, gitu deh. Mau diapain lagi. Dan yang bikin epic adalah, spot-spot yang biasanya bebas banjir kayak Sudirman dan Thamrin, kelelep aja dong. Itu yang namanya bunderan HI, dikelillingi air banjir maha butek. Depan Sarinah, banjirnya 70 centimeter. Depan Citraland pastinya gag mau kalah. Direndem banjir dengan ketinggian 50-60 centimeter. Gag usah tanya depan Untar dan Trisakti. Ketinggian airnya ampe 70 centimeter aja dong. Gegara banjir di 2 spot itu, gue yakin seyakin gue kalo MIKA itu malaikat yang menyamar, dipastikan gag ada kendaraan bermotor yang bisa lewat.

Kendaraan gag bisa lewat karena banjir = Gag ada bis apalagi patas yang beroperasi = Gue gag bisa ke kampus = Gag latian buat manggung di TIM #Okesip

Hari Jumat pagi gue stalking twitternya TMC Polda buat cek-cek keadaan Citraland dan sekitarnya. Kali aja udah surut. Eternyata belom surut. Berati belom ada patas yang bisa lewat. Dan gue pun menemukan foto sevel Cikini Raya, yang mana dimana letaknya bisa dibilang bersebrangan sama TIM, dikelilingi banjir sepinggang. Haduh, bisa gag jadi nih gue manggungnya. Eh beneran dong, Jumat malem gue dismsin sama kak Nat kalo kita gag jadi manggung tanggal 20 karena TIM tutup. Pameran foto esai Pak Radennya juga diundur ampe keadaan kondusif.

Huft, yaudah deh gapapa~ ( ._.)/||

Ampe tulisan ini dibikin, sebagian wilayah di Jakarta masih kerendem aer. Yang paling parah di daerah Pluit. Ampe sekarang masih semeteran lebih. Tadi juga gue cek-cek twitter TMC Polda, daerah Kota dan sekitarnya juga masih berair. Mangga Dua pun masih selutut.

Hhh, terus mau nyalahin siapa kalo udah banjir begini? Pak Jokowi yang belom ada setengah tahun pun jadi gubernur? Nyalahin perempuan di Jakarta yang gag pake pakaian sesuai syariat? #Hah?

Kalo gue sih gag mau nyalahin siapa-siapa. Gue cuma agak bete aja dengan perumahan, apartemen, gedung kantor, dan mall yang dibangun dengan membabi-buta tanpa memperhatikan keseimbangan alam. Kalo mau perhatiin, di Jakarta tuh udah jarang banget loh tanah kosong yang dibiarkan begitu saja dengan atau tanpa rerumputan random. Semuaaa dibangun. Kalo kata nyokap sih, pengembang APG dan ASG tuh gag bisa liat tanah kosong dikit. Pasti dibikin kalo gag apartemen, perumahan. Miris? Memang.

Ah sudahlah. Daripada bete-bete dan marah-marah, mending wujudkan kepedulian kita lewat posko-posko bantuan yang dibuka buat support korban banjir. Gag bisa? Jangan sedih. Ketawain aja keserakahan manusia yang gag mau peduli sama yang namanya keseimbangan alam. Lumayan buat hiburan.

That's all folks!

2 comments:

  1. itu pas banjir saya lagi libur nggak ikut semester pendek. huehuehue. kampusku tentunya kena banjir sampe se-pinggang. saking kerennya itu banjir, anak2 pada main Kayak di halaman parkir dosen. *merasa bangga*

    mamanya vany aman di kantor. papanya vany malah ngadem di GI seharian lantaran nggak bisa ke kantor.. HI dan bunderan BI udah kerendem. hahahaha.. asoy bener.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh gue ngeliat di tipi depan Atma ada yang santesante ngambang pake perahu karet. xD

      Tapi bikin bete tuh gegara banjir ini, gue gag jadi manggung di TIM. Huft banget. Semacam melakukan sesuatu yang percuma selama latian zzz...

      Delete