Tuesday 13 February 2018

Silver for Gold

TODAY IS MY BIRTHDAY!

Actually I'm not that excited anymore to my birthday. Mungkin karena pengaruh usia biologis juga, ya. Semakin ke sini, hari-hari spesial yang dulu gue tungguin semakin terasa biasa. Sebut saja lebaran, natal, tahun baru, dan imlek. Gue pikir cuma 4 hari itu yang bakal terasa biasa seiring bertambahnya usia. Eh ulang tahun gue juga dong, ikutan. xD

Lima tahun yang lalu, gue sempet bikin postingan blog berisi surat untuk diri gue di masa depan. Di umur 25 to be exact. Saat itu gue semacam terinspirasi oleh MIKA yang bikin surat untuk dirinya di masa depan, usia 80 tahun, di malam sebelum ulang tahunnya yang ke-30. Ditambah lagi dua orang temen  gue juga bikin hal semacem itu di blog mereka.

Gue mah kan anaknya latahan, yak. Jadi gue ikutan lah bikin. Meski momennya memang kurang pas. Saat itu gue berusia 20 tahun tapi gue bikinnya bukan malam sebelum gue ulang tahun. Bodo ah. Yang penting gaul. 8)

Saat itu gue tulis kalo gue akan bikin yang kek begonoan lagi pas malam sebelum ulang tahun gue yang ke-25. Tentunya setelah gue baca dulu dong surat yang gue bikin lima tahun yang lalu. Nah, tahun ini usia gue udah mencapai seperempat abad alias peringatan perak kalo ibaratnya anniversary, mah. Maka, di postingan inilah gue akan kembali menulis surat untuk diri gue di masa depan. Surat kali ini diperuntukkan buat gue di usia 50 tahun.

Semoga kali ini isi suratnya gag tiba-tiba muncul di otak selama rentang 3 sampe 6 bulan ke depan kayak surat yang sebelumnya. x3

You know the rules, Sher. You can only read this blog entry up to here. Never click 'Lanjut coooyyy' before the night on February 12th 2043.

Hai kerak kasur! 
Selamat, lo udah mencapai usia emas alias setengah abad. Selamat juga lo masih hidup untuk bisa buka postingan ini dan baca surat yang dibikin 10 menit menjelang 13 Februari ke-25 lo. Gue bikin postingan plus surat ini di atas kasur ditemani oleh playlist lagu-lagu hits dari era 80an di Spotify dan suara hujan deras yang terdengar sampe ke kamar. Keluhan kesehatan apa yang sudah lo alami dalam rentang waktu sejak surat ini ditulis? Semoga gag bertambah dari yang sudah ada sekarang ya. Kalo bertambah, alasan lo untuk mager dan goleran wae di kasur juga bakal bertambah. Makin kagak produktip aja dah lu jadi manusia. 
Ketika ini diketik, lo memasuki bulan kedua masa percobaan di kantor baru. Sehari sebelum mulai kerja, gue sempet bilang ke Dian kalo gue punya firasat bakal kerja di tempat yang sekarang ini selama 15 tahun. Benarkah? Apakah 15 tahun yang gue sebutin memanjang jadi 25 tahun atau lo ganti tempat gawean setelah 15 tahun berkarya di sana? Mana pun yang terjadi, good for you! Artinya gue yang di sini membuktikan ternyata Sherly anaknya gag sebosenan itu. Buktinya bisa bertahan di satu perusahaan yang sama lebih dari 10 tahun. 
Gue sangat penasaran dengan apa yang sudah terjadi pada lo khususnya dan Indonesia umumnya. Ketika gue ngetik ini, sedang ramai pembahasan RKUHP yang sungguh sangat ngawur dan menginvasi ranah pribadi warga negara. Udah gitu, salah satu kengawuran yang bikin gue kesel adalah nantinya orang-orang awam yang bukan tenaga profesional resmi dari pemerintah bakal dikriminalisasi kalo ngasih penyuluhan atau edukasi soal kesehatan reproduksi dan kontrasepsi. Gue yang sejak 2011 memproklamirkan diri sebagai Duta Kondom dan hobi kasih 'penyuluhan' tentang seks aman dan sehat bisa aja ngerasain nginep di hotel prodeo kalo sampe RKUHP ngawur ini jadi KUHP.
Semoga aja kengawuran ini gag menjadi kenyataan atau gue yakin lo baca surat ini udah bukan di Jakarta lagi tapi mungkin di Brighton, Torquay, Munich, atau Toronto. Ya, 4 kota yang sepertinya nyaman untuk ditempati karena populasi orang kepo sangatlah jarang. 
Keadaan saat surat ini diketik adalah Jakarta lagi diacak-acakin in a bad way sama gubernur baru. Entah apa yang ada di kepala dia dan wakilnya. Gag kayak pas Ahok masih jadi gubernur. Doi ngacak-ngacakin tapi buat kemudian memberikan sesuatu yang keren buat warga Jakarta. Selain itu makin marak tindak intoleransi yang terjadi di beberapa daerah Indonesia. Wonder why? 
Gue kok yakin banget ya kalo ketika lo baca surat ini, Ibu kita yang super cool dan multi-talented udah disuruh balik kanan sama Sang Pencipta. Anjrit, aer mata gue netes ngetikin kalimat sebelum ini. Meski begitu, gue juga yakin by the time she's gone, you already copied like at least 50% of her coolness. So worry not. ;) 
Jadi, apakah lo akhirnya menikah? Kesampean kah impian lo untuk punya anak tanpa bapaknya atau dengan donor sperma-nya MIKA, Theo Hutchcraft, Gaspard Ulliel, atau Mads Mikkelsen? Kalo kesampean, berati lo emang udah gag tinggal di Indonesia pas baca ini. Kalo enggak, nikah sama siapa, lo? Hahaha... 
Semoga meski lo menikah dan beranak pinak di Indonesia, lo gag setertekan yang gue bayangin kalo ngomongin soal pernikahan. Gue pun yakin pasti Eby, sobat kita sejak kelas 3 SMP udah married duluan dan punya anak 2 atau 3 yang salah satunya udah menjelang SMP pas surat ini lo baca. Jangan lupa kasih liat part 'ramalan' ini ke Eby ya nanti. ;) 
Gue juga yakin banget sampe surat ini lo baca, yang namanya Sherly masih belom juga ewita sama MIKA, apalagi jadi istrinya atau minimal pacarnya. MUAHAHAHA... Tapi gue yakin pisan Sherly akhirnya udah nonton konser QUEEN+ Adam Lambert dari front row entah di mana dan bagaimana caranya. Terus udah juga kesampean nonton konsernya HURTS di...... Moskow? xD 
Cita-cita lo untuk jadi jurnalis musik di Rolling Stone Indonesia gag tercapai karena awal tahun ini majalah tujuan lo itu udah gag megang lisensi majalah tersebut sejak 1 Januari tahun ini. So sad. Tapi gag kenapa, your current job sebagai editor fiksi di sebuah penerbitan yang sekeluarga besar dengan grup penerbitan ternama di Indonesia juga gag kalah cool dan asik. Makanya gue gag akan heran kalo sampe pas lo baca surat ini lo masih berada di tempat yang sama. Yeah, mungkin posisinya udah meningkat dari editor jadi pemred mungkin? ;) 
Di usia seperempat abad ini gue udah belajar kalo hidup gag selalu berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Gue juga belajar kalo kesendirian itu gag selamanya buruk. Mindset gue saat ini adalah: Yaudah lah sendiri gag ada yang nemenin gue gapapa. Tar pas mati juga sendirian kagak ngajak siapa-siapa. 
Gitu. 
Sementara menurut penerawangan ilmu sotoy gue, di usia ketika lo baca surat ini gue jamin lo udah jago banget coping dengan yang namanya kehilangan orang-orang spesial atau setidaknya orang sangat dekat karena mereka udah disuruh balik kanan sama Sang Pencipta. Yeah, sampe umur 25 gue baru dua kali merasakan itu dan it was really hard to cope with that thing; death. Di usia lo, keknya mah yang begonoan udah perkara selow lah ya. Apa masih perkara sulit? Semoga udah gag sulit lagi deh ya. 
Ini banyak banget sebenernya yang mau gue tulis. Cuma kok ya mager ya. Udah dini hari pun. Gue kudu segera tidur lalu bangun jam 5 buat berangkat kerja. So to wrap it up here's some list to be checked before the day to read this letter come:
  1. Naik pesawat. Gue beberapa kali berasumsi kalo lo baca surat ini bukan di Indonesia. Jadi kemungkinan besar hal ini harus udah pernah terjadi lah. Terlepas apakah lo emang udah living abroad atau masih ngendep di Indonesia.
  2. Travelling ke tempat-tempat keren di Indonesia seenggaknya 3 bulan sekali.
  3. Lanjutin S2 di Inggris atau Jerman atau Australia entah dengan atau tanpa beasiswa. Bagusnya sih pake beasiswa ya bok. Biar ada yang bisa dibanggain dan dipamerin gitu sama Ibu Haryati kalo beliau lagi ngobrol sama stranger mana pun yang ditemui pas lagi jalan-jalan atau berada di sebuah antrian.
  4. Blog ini udah jadi shereighties.com dan lo udah punya penghasilan daripadanya karena lo udah rutin posting secara rutin. Jangan lupakan juga food blog lo. Gue harap itu food blog juga udah jadi nahinienak.com dan merupakan salah satu food blog sakseis di Indonesia sehingga terdapat aliran uang dan, pastinya, ajakan makan atau icip-icip gratis yang datang dari si 'Nah, Ini Enak!'. :9
  5. Workout, nyet! Kencengin itu lengan, perut, bokong, dan paha. Kurang-kurangin lah jadi kerak kasurnya.
  6. Kasih nama Fureyl Sroevan (untuk anak perempuan atau laki-laki) dan/atau Bovish Zmiryuv (untuk anak laki-laki). Siapa pun atau dari mana pun asal bapaknya. Semoga di kemudian hari lo inget dari mana kedua nama tersebut berasal. xD
  7. Berpelukan dan ngendus aroma tubuhnya MIKA, Theo Hutchcraft, Benedict Cumberbatch, Gaspard Ulliel, Mads Mikkelsen, atau Britney Spears. Kalo bisa semuanya bagus, kalo cuma salah satu dari mereka aja ya gapapa. Yang pentinga ada yang kesampean.
Udah dah. Segitu aja. Sehat-sehat dan bahagya selalu, Sher. Selamat ulang tahun! :* 

Good day!
Your 25-year-old self
Selasa, 13 Februari 2018 | 01:01 am

No comments:

Post a Comment