Wednesday 14 December 2016

Dynamic Lovebirds: The Distance

Biasanya LDR dilakukan oleh sepasang kekasih. Atau kalo mau yang lebih serius, ya, sepasang suami istri gitu lah. Nah kalo yang bakal gue ceritain ini adalah dua orang yang menyamakan visi sentimental hanya beberapa jam sebelum salah satu dari mereka cabut ke benua lain. Begitu Juragan udah sampe di benua lain itu, gue dan terutama Juragan masih belum tau statusnya dia dengan Tuanku.

Di sini Tuanku pun sekali lagi melakukan confession. Kali ini dia melakukan confession hanya kepada Juragan. Dan pengakuannya kali ini sanggup bikin cengar cengir dengan emosi campur aduk. Memang apa sih isi confession-nya? Neh baca!


Gue baru nyalain paket data jam 4 Sore di hari berikutnya. Tepatnya pas gue lagi di kelas Propaganda & Psywar. Jadi gue baru buka-buka DM Twitter pas ada notif LINE dari Juragan. Wah, udah sampe TKP tuh dia berati. Isi chatnya nanyain keberadaan Tuanku karena LINE yang dikirim Juragan gag di-read pun. Gue bilang aja kalo Tuanku emang jarang nyalain data kalo pas weekend dan kebetulan lagi di rumah aja. Bahkan gue kalo ada keperluan penting sama dia langsung telpon pake pulsa. Mumpung se-operator juga.

Udah dah tuh, selama kelas berlangsung gue nyambi mantengin presentasi, diskusi, ikutan tanya jawab, sambil ngobrol sama Juragan via LINE. Obrolannya saat itu gag dalem-dalem banget, sih. Cuma Juragan nunjukkin beberapa screencap chat antara dia dan Tuanku semalam sebelum Juragan take off. Untungnya gag dalem-dalem banget. Jadi bisa gue bisa langsung pulang begitu selesai kelas pas liat langit udah gelap dan angin bertiup kencang.

Nyampe rumah, baru dah obrolan mulai mendalam. Juragan mulai mengungkapkan berbagai insekyuritinya tentang relasi antara dia dan Tuanku. Karena secara eksplisit Juragan inginnya kalo pun Tuanku emang iya mau sama dia, Juragan maunya serius. Hayuklah nikah dan mari berkeluarga. Karena kata Juragan, umur-umur kaya dia dan Tuanku itu udah masuk fase di mana yang namanya hubungan romansa yang serius. Gag ada namanya main-main dan kata-kata macem, "Jalanin aja dulu".

Gue baca chatnya Juragan yang kek gitu langsung bercermin dong. Karena sebenernya Tuanku itu seumuran pisan sama gue. Malah lebih tua gue sebulan aja. Gue Februari dan doi Maret. Namun gue baru tahu hal itu awal tahun ini abis dia ulang tahun. Jadi selama 2 tahun lebih gue selalu menganggap kalo Tuanku lebih tua setidaknya setahun di atas gue. So that's why I'm always like to peyuk-peyuk or nempel-nempel manjah sama doi bagaikan bocah kurang kasih sayang. Gue rasa jiwanya tuanku tua makanya bisa ampe begono.

Balik lagi.

Iya, karena Tuanku itu seumuran sama gue, terus Juragan bilang kek begono soal romansa yekan, gue kek merasa telat banget gitu jadi manusia. Gue aja belom kepikiran mau berelasi juga sih kalo sekarang mah.

Nah kalo Juragan mah kan tahun ini udah 27 gitu. Jadi ya kalo menurut gue wajar kalo dia inginnya sebuah relasi yang serius macem pernikahan.

Come to think of it, 3 tahun lagi Juragan umurnya 30. Gag lama lagi doi dan Abang akan menjadi om-om. Ahh... #ElectraComplexUnite 

Well, gue pun kasih sedikit opini dari hasil pengamatan ala-ala gue. Dan saat cerita ini gue tulis, gue tau kalo opini gue saat itu mendekati tepat. Meskipun saat itu gue bilang kalo opini gue adalah penerawangan ilmu sotoy, eh seiring berjalan, ternyata emang Tuanku anaknya kek begono.

Hingga sampai pada suatu poin gue pun nanya ke Juragan, "Jadi kalian ini apa, sekarang?". Juragan gag tau. Mau dibilang pacaran, belom ada kesepakatan yang bilang kalo apa yang terjadi antara Juragan dan Tuanku adalah itu. Mau dibilang gebetan, kok si Tuanku udah beberapa kali manggil Juragan "sayang" sementara dia bukanlah tipe orang yang akan sembarangan menggunakan kata sayang ke orang. Jadi mereka ini apa? Apa?!!?!?!?!! APAAAAAA??!!?!?!?!!!

Beberapa saat kemudian Juragan bilang kalo dia kangen banget sama Tuanku dan minta tolong supaya gue kabarin Tuanku untuk standby karena jam 2 dini hari waktu Melbourne dia bakal ditelponin sama Juragan. Akhirnya yaudah kelar urusan chat sama Juragan, gue telponinlah Tuanku...
Him: Halo...
Me: Kak, lagi di mana?
Him: Di rumah, Mei. Kenapa?
Me: Standby. Dua jam dari sekarang, sekitar jam 10 waktu kite, Juragan bakal nelponin lu.
Him: Ini kebetulan gue baru mau nelponin dia...
Me: He, iya. Tadinya mau nelpon sekarang. Dia kangen banget katanya. Tapi Abang ngajak dia untuk jalan-jalan malem dulu. Jadi ya itu. Baru akan nelpon 2 jam lagi deh.
Him: Haha.. Iya oke.
Me: Sip. Standby ya.
Him: Iya. Makasih Mei.
Me: Iya kak. Daah...
Iya. Ampe detik ini gue masih manggil dia 'kak'. Problem?

Udah tuh. Gue laporan ke Juragan kalo gue udah sampein amanah dia. Dan sekali lagi Juragan bilang kalo dia kangen banget sama Tuanku.Saat itu gue bingung mo bales chat-nya Juragan gimana.

Gue selalu punya kelemahan untuk nanggepin orang cerita via chat. Karena biasanya kalo gue gag tau mau nanggepin apa pada ucapan orang yang curhat, gue akan puk-puk atau usap punggung orang yang lagi curhat itu. Kalo di chat, kan gag bisa gue puk-puk anaknya. Mau gue diemin aja, tar disangka gue gag pedulian karena chatnya cuma di-read.  Tapi jika gue saat itu bilang 'I know, dek', gue tau kalo itu bullshit seada-adanya karena jujur aja gue udah lupa rasanya kangen ke orang yang kangen banget sampe kek yang lagi dirasain sama Juragan. Jadi gue cuma bales chat dia dengan kata-kata encouraging yang gue anggep untuk diri gue sendiri itu gag bullshit. Udah deh. Abis itu gue tinggal hape gue terus turun ke dapur untuk makan.

Jam 10an lewat gue baru naik lagi ke kamar dan menemukan kalau Tuanku ngewasap gue. Isinya kalo gue bilang sih ya menunjukkan tanda-tanda orang jatuh cinta yang jatoh banget gitu. Kalo yang kali ini gue tau karena masih inget rasanya. Aneh juga ya, gue lupa rasanya kangen berat sama orang tuh gimana tapi masih inget kek gimana kelakuan gue kalo lagi jatuh cinta. Kelakuan otak sih lebih tepatnya. Gimana? Ya kek isi wasapnya Tuanku ke gue itu lah.

Langsung deh gue interogasi. Eh kaga dibales. Cuma di-read doang. Akhirnya gue laporan kan ke Juragan tentang hal ini. Dan gue pun meyakinkan dia kalo Tuanku gag cuma naksir-naksir crush begitu aja tapi udah ke tahap jatuh cinta seada-adanya. Ya lo pikir aja. Tuanku bilang kalo otaknya dia dibajak sama Juragan karena pas melek kepikiran Juragan mulu dan pas merem dia ngimpiin Juragan. Apa lagi namanya kalo bukan jatuh cinta?

Chat gue ke Juragan juga gag dibales lama banget. Akhirnya gue menyimpulkan kalo mereka lagi telponan dan Juragan terlalu sibuk melepas rindu pada Tuanku. Jadi, meh, gue tinggal main game aja deh.

Tapi sekitar sejam kemudian akhirnya Juragan bales chat gue dan bilang kalo dia dan Tuanku pacaran. Karena pas Juragan tanya ke Tuanku, Tuanku jawabnya kalo mereka adalah sepasang kekasih. Langsunglah gue squealing tak terkendali sambil gegulingan kanan kiri di kasur. Ada kali 10 menit mah squealing dan fangirling-an tanpa henti pas tahu akhirnya mereka jadian. Gilak, gue girangnya luar biasa saat itu. Sumpah.

Abis itu gue tidur deh dengan senyum karena shippingan gue jadian pun. Wih indah kali!

Paginya gue nyalain lagi paket data, baru dah itu si Tuanku bales wasap gue. Hih! Udah gitu pake bilang gue balesnya telat makanya jawabannya expired, lah. Padahal gue cuma telat 2 jam aja bales wasap dia. Nah dia, bales wasap gue 12 jam kemudian, coba. Dasar kriting.

Jadi gue tanya-tanyainlah ke dia. Korek-korek informasi tentang apa yang sekarang dia rasain towards Juragan. Dan, yeah, he's definitely in love with Juragan. Analisis gue bener. Akhirnya gue tanyain dong yang malem sebelumnya juga udah gue tanyain ke Juragan...
Me: Jadi kalian apa, kak? Yang pasti bukan crush aja, kan? Kalo iya, kalian canggih banget crushing aja pake di LDR-in. *emoji biceps warna cokelat muda*
Him: We're couple. He's my boyfriend. :3
I swear to God, I could feel that he's so proud when he told me that Juragan is his boyfriend. I don't know why tapi ada rasa bangga dan penuh rasa bahagia ketika gue baca "He's my boyfriend :3" di wasap. Kek, itu jempol Tuanku ngetikin kalimat itu dengan penuh rasa bangga yang membuncah di dalam dada gitu loh. Tentunya gue langsung squealing lagi dong kek semalem walopun sebelum nanya dia gue udah tahu status Juragan dan Tuanku. Hal ini juga gue laporin ke Juragan. Gue screencap terus gue kirim deh via LINE. Muehehe...

Sorenya, gue chat lagi sama Juragan untuk minta diceritain detailnya. Dari cerita detail ini, gue pun tahu kalo Tuanku adalah orang yang gigih seada-adanya. Kenapa? Nih gue mau reka ulang percakapan yang diceritain sama Juragan.
*Setelah tahu kalo mereka adalah sepasang kekasih according to Tuanku*
Juragan: Jadi kamu pacarin aku tapi aku gatau kalau aku dipacarin sama kamu? Aku pikir kamu bukan tipe orang akan langsung begitu saja menjalin hubungan tanpa PDKT dulu.
Tuanku: Loh, PDKT-nya kan udah kemaren.
Juragan: Kapan?
Tuanku: Tiga tahun terakhir ini sampai kita bertemu. Aku stalking kamu dan jadi sider tulisan-tulisan kamu.
Juragan: Terus berarti selama ini kamu PDKT-in aku diam-diam selama tiga tahun dan ketika kamu pacarin aku, akunya juga gag tau kalo ternyata kita udah pacaran?
Tuanku: Iya...
Juragan: *hening*
Ya sodara sodari sekalian para pembaca blog Elle Me Dit, Danse! yang budiman. Kalau anda semua berpikir Tuanku selama 3 tahun terakhir melakukan PDKT sepihak, anda semua betul. Dan kalau anda berpikir Tuanku adalah one lucky bastard karena perasaannya langsung berbalas setelah 3 tahun menguntit Juragan yang gag tau kalo selama ini sedang di PDKT-in dan baru tahu kalau Tuanku sudah menganggap dirinya adalah kekasih Tuanku sejak Jumat dini hari setelah hangout sama Mami di Plaza Senayan, anda juga betul.

Seumur hidup gue baru liat ada yang kelakuannya macem Tuanku ke Juragan. PDKT diem-diem. Macarin juga diem-diem. Gue rasa kalo gag gue minta supaya Juragan nanyain apa nama hubungan mereka, Tuanku masih akan memacari Juragan secara diem-diem.

Untung berbalas loh. Si Juragan juga ternyata emang udah punya rasa sama Tuanku sejak pertemuan yang pertama dan terakhir dulu. Tapi karena gue dan Juragan taunya saat itu Tuanku adalah straight, jadi ya Juragan mundur teratur. Tapi yang namanya jodoh mah gag ke mana ya bok. Ternyata selama ini sebenernya Tuanku queer pun kek eke dan Juragan. Dia bukan hanya seorang biromantic tapi juga sekaligus bisexual yang berada di angka 5 atau 6 menurut Kinsey Scale. Kek gue gitu lah. Cuma bedanya gue mah kan biromantic lesbian ya bok.

Cumanya karena saat melakukan so-called PDKT ke Juragan, Tuanku gag pedean, jadinya dia gag berani deh mendekat ke Juragan. PDKT SEPIHAK DEH DIA SELAMA 3 TAHUN SAMPE DAPET KABAR KALO JURAGAN BAKAL CABUT SAMA ABANG KE OSTRALI DAN KEMUNGKINAN GAG BAKAL BALIK LAGI SELAMANYA.

Iya, kalimat terakhir itu sengaja gue capslock semua supaya kalian yang baca dan kebetulan juga lagi menjalani apa yang pernah dijalani Tuanku tetap bersemangat sampai mendapatkan si dia yang lagi kalian PDKT-in sepihak. Tetap semangat ya para pejuang PDKT sepihak! ^^


Setelah Juragan dan Tuanku resmi jadian, bisa dibilang udah gag lagi ada cerita yang cukup menarik untuk gue ceritain di sini. Ya apa sih yang diharapkan yekan dari kisah sepasang kekasih LDR-an? Udah gitu yang lagi LDR-an juga bukan gue. Biarlah kisah yang terjadi di antara Juragan dan Tuanku selama LDR menjadi priviledge mereka berdua saja. Lagian kan peran gue di kisah mereka cuma sebagai pengamat dan pencerita aja.

Tapi tentu saja ceritanya belum habis sampai sini. Dari awal gue mulai ini cerita, gue udah tau kalo kisah kasih Juragan dan Tuanku ini akan gue bikin jadi 6 bagian. Di bagian 5 dan 6 nanti adalah cerita yang bikin gue ampe detik ini pun masih rada kurang percaya kalo kisah mereka adalah nyata seada-adanya dan bukanlah kisah fan fiction tentang Benedict Cumberbatch. Manis banget, abisan yawloh.

Stay tune, yes. ;)


Tchuss~

No comments:

Post a Comment