Friday 16 May 2014

Menjadi Teman yang Oportunis

Coba deh, ketika lo denger kata 'oportunis', konotasi apa yang ada di kepala lo semua? Positif atau negatif? Kebanyakan yang gue denger sih kalo kata 'oportunis' itu konotasinya negatif. Karena maknanya kan memanfaatkan kesempatan yang ada untuk diri sendiri. Kesempatan yang dimanfaatkan pun gag pandang bulu. Bisa kenalan atau bahkan sahabat sendiri yang dimanfaatin.

Gue adalah orang yang oportunis. Lebih tepatnya orang yang oportunis ke teman.

Eby, sahabat gue selalu jajanin gue dan bayarin ongkos jalan-jalan kalo dia ngajak gue ngebolang. Gue mah seneng-seneng aja dong. Secara saat itu keadaan gue juga termasuk dalam ekonomi ngepas. Uang jajan gue gag sebanyak uang jajannya Eby pun.

Jaman SMA, jaman yang gag pernah gue anggep ada, gue mengoportuniskan anak-anak populer di sekolah gue dalam hal bikin tugas. Tugas kelompok gitu lah. Karena gue cukup pinter (ahik!) dan mauan aja disuruh-suruh, jadinya kalo ada tugas kelompok gue selalu diajak sama mereka untuk gabung. Kelompok 4 orang (termasuk gue), yang ngerjain itu tugas ya cuma gue. Di sini terlihat kalo gue yang dioportunisin sama mereka karena gue pinter (ahik lagi!) dan mau disuruh-suruh. But, no. Gue gag melakukan itu dengan gratis. Selalu ada harga yang harus mereka bayar untuk 'jasa' gue. Gimana caranya biar gag keliatan gue minta bayaran banget sama mereka? All hail to marking up the price! xD

Jadi kalo misalnya kek tugas kelompok matpel bahasa Inggris disuruh bikin mading-madingan gitu, gue tuh yang kerjain. Mereka mah (gue rasa) menggaul tak peduli. Ya udah, jadi itu biaya bikin mading gue mark up gila-gilaan. Yang dimana modalnya cuma sepuluh ribu aja, gue bilang ke tiga orang itu untuk pada patungan masing-masing lima belas ribu per orang. Dengan modal sepuluh ribu, gue bisa dapet tiga puluh lima ribu. Lebih dari 100% keuntungan gue. Muahahaha~ xD

Pas mulae kuliah, gue semacam rindu jadi makelar tugas kek jaman SMA. Rindu punya uang jajan tambahan dengan mudah. Namun karena pas kuliah gue udah gag mau 'memperdaya' orang-orang baik yang mau berteman dengan gue secara tulus, jadinya ya gue pun gag jadi oportunis ke mereka. Lagian kalo kuliah mah tugas apa yang bisa dimakelarin kan? xD

Sampe akhirnya gue ngeh kalo gue masih bisa jadi oportunis terhadap teman-teman dan para kenalan gue. Oportunisnya dalam hal apa? Dalam hal ilmu. Di kampus, major gue adalah Jurnalistik. Tapi dalam era globalisasi ini (ahelah!), menurut gue, kita gag mungkin survive hanya dengan satu kemampuan. Minimal kita harus punya 3 keahlian di bidang berbeda. Iya 3. Karena gue pun baru punya 3 bijik keahlian yang bisa gue jadiin cadangan buat di masa depan.

Contoh hal oportunis yang pernah gue lakukan di masa kuliah ini adalah minta bantuan seorang musisi idola yang gue kenal untuk bikinin jingle buat tugas matkul Produksi Siaran Radio. Entahlah itu jingle bakal kek gimana kalo gue gag kenal dia. Soalnya gue kan sangat buta banget dalam hal permusikan.

Masih banyak lagi hal-hal lain yang suatu saat nanti bisa gue oportunisin dari orang karena gue berteman dengan macam-macam orang yang memiliki sesuatu yang gue gag bisa. Gue bisa belajar dari mereka dengan gratis. Gag usah kursus. Hanya bermodalkan temenan gue bisa ngerti ilmu politik, ilmu akuntansi, ilmu kriminologi, teknik fotografi, dan lain sebagainya.

Intinya, kita semua harus mau berteman dengan siapa aja. Bahkan sama preman sekalipun. Mana tau suatu saat nanti kita digangguin orang atau kudu pulang malem banget dengan duit dolar segepok di tas kan. Kalo kita temenan sama preman, kita bisa minta ditemenin pulang dengan penuh rasa aman. Udah gitu, ada jaminan kita gag bakal digangguin sama preman-preman lain karena kita temenan sama salah satu dari mereka. Timbal baliknya ya gampang. Ajak hangout aja di warkop. Traktir kopi + roti bakar + sekotak rokok kesukaan dia. Ato sesekali ajak dia makan di Pizza Hut gitu. Udah girang. Entuh preman pun bakal makin sayang sama lo (?).

Gue gag mau bilang kalo kita harus tetep menyaring orang untuk kita temenin. Karena gue tau kalo yang baca ini pasti udah pada gede semua. Udah ngerti lah mana orang yang bisa lo pepetin biar bisa lo oprtunisin dan mana yang enggak. Gue cuma berpesan, pinter-pinter lah jaga sebuah pertemanan karena kita gag bakal tau apa yang akan terjadi pada hidup kita di masa depan. Gue pun gag tau kalo gue bakal perlu si om musisi idola di masa gue kuliah pas pertama kali gue ngepens sama bennya dia.

That's all, folks!

No comments:

Post a Comment