Wednesday 24 September 2014

QUEEN + Adam Lambert

Bagi gue dan para umat pecinta QUEEN pastinya udah pada tau kalo band rock legendaris ini nge-tur lagi tahun ini. Rangkaian tur dimulai dari Amerika Utara awal Juni lalu dan diakhiri di New Zealand awal September kemaren.

Ngapain QUEEN centil banget tur lagi? Kan pokalisnya udah meninggal?

Jangan sedih! Pokalis meninggal bukan berati QUEEN gag bisa eksis lagi dong. Kali ini QUEEN ngajak Adam Lambert buat jadi pokalis mereka. Gag cuma pas tur ini aja Adam Lambert diajak opa-opa dari QUEEN buat konser bareng mereka. Back in 2012, they've done a concert in Kiev. Itu diadainnya pas Ukraine jadi tuan rumah di Euro Cup 2012.

Gag cuma kali ini QUEEN ples-plesan sama musisi lain pas ngadain konser. Sebelumnya di tahun 2005, QUEEN sempet ngadain tur Return of The Champion bareng Paul Rodgers. Doi pokalisnya Bad Company yang kalo menurut salah seorang member di grup Queenindo, merupakan pokalis yang dipuji oleh Eyang Freddie.

QUEEN + Paul Rodgers sempet ngeluarin album berjudul The Cosmos Rock di tahun 2006 dan ngadain tur sampe tahun 2008. Buat gue, itu album kek album becanda dan iseng-iseng QUEEN aja. Karena di telinga gue, gag ada tuh rasa QUEEN barang sedikit pun. Cuma kayak Paul Rodgers nyanyiin lagu-lagu di album itu, terus musik latarnya dimainin sama QUEEN. Gue bersyukur gag beli CD nya. Kalo beli, mungkin gue bakal nyesel kali saking jeleknya itu album. Masih bagusan album Hot Space deh menurut gue.

Gosip bahwa Adam Lambert bakal dijadiin pokalis sama QUEEN udah terdengar kalo gag salah sejak tahun 2010. Eh itu gosip baru jadi kenyataan ya tahun 2014 ini. Kick-off rangkaian tur dari Amerika Utara sampe New Zealand ini adalah gigs yang diadain di iHeart Radio Theater, Los Angeles, 16 Juni 2014. Gue sempet download videonya dari yutub karena gag suka nonton konser yang ngadet-ngadet. Tahulah kecepatan koneksi internet di Indonesia mah.

Pas pertama gue nonton itu gigs yang di iHeart, entah kenapa gue semacam merinding disko sampe sempet menitikkan air mata. Lo bayangin aja. Para musisi idola lo, satu yang udah legendaris dan satunya lagi idola remaja masa kini, berkolaborasi satu panggung bawain lagu-lagu yang familiar dan udah lama banget gag dibawain live sama si musisi legendaris. Masa sih elo gag minimal girang sedikit pun? Gue aja ampe jejeritan sendiri di kamar pas nontonnya.

Dulu sempet gue pengen yang jadi pokalis QUEEN tuh MIKA. Gue menilai MIKA yahud untuk QUEEN karena vocal range nya juga semacem sama Eyang Freddie Mercury. Tapi setelah gue nonton gigs di iHeart Radio, gue merasa emang lebih cocok Adam Lambert yang jadi pokalisnya QUEEN.

Kenapa? Karena penampilan panggung seorang musisi biar nge-blend sama band yang gaya panggungnya udah dipatenin sama pokalis sebelumnya tuh merupakan salah satu dari dua faktor penting si band bakal enak diliat ato malah dinyinyirin. Jadi gag bisa cuma diliat dari faktor suara aja.

Adam Lambert dari pertama dia muncul jadi penyanyi, gayanya udah glamor seru gitu. Penampilan di panggungnya juga menurut gue gag ribet. Kayak Freddie Mercury gitu dah. Style pakaian, bisa dibilang kalo Lambert dan Mercury itu satu selera. Glamor centil namun berkelas. Cuma beda era dan negara asal aja.

Nah kalo MIKA yang jadi pokalis QUEEN, gag cocok. Gaya berpakaiannya khas anak muda masa kini pas doi baru muncul jadi penyenyong. Sekarang tampilannya bagai eksekutip muda. Udah gitu, penampilan panggungnya juga gag sejalan sama QUEEN yang simpel. Singkatnya, tampilan MIKA itu cheerful-cheerful hore lah. Selain itu, genre nya MIKA dari awal emang pop aja gitu. Beda sama Lambert yang kadang nyerempet ke arah rock.

Penampilan QUEEN + Adam Lambert di iHeart Radio menurut gue keren. Lambert gag berusaha meniru Mercury. Dia tetap menjadi dirinya sendiri saat tampil bareng QUEEN. Ada sedikit rasa lupa kalo itu tuh bukan QUEEN tapi QUEEN + Adam Lambert. Sementara pas QUEEN + Paul Rodgers entah kenapa gue gag sreg aja. Gue sempet nonton beberapa penampilan live nya di yutub. Aneh rasanya. Gue malah jadi ngerasa itu yang nyanyi tuh band cover QUEEN. Bukan QUEEN yang lagi konser dengan Paul Rodgers sebagai pokalis. Teu bageur deh kalo kata orang Sunda mah.

Kemaren pas acara Freddie For a Day kan gue ketemu sama para member Queenindo. Om Riza bilang kalo strategi marketing Brian May dan Roger Taylor itu keren dengan ngajak Adam Lambert tur bareng mereka. Secara kan Adam Lambert tuh idola remaja masa kini ya bok. Jadi pastilah udah punya basis massa yang banyak juga. Dengan dijadikannya Adam Lambert sebagai pokalis QUEEN, itu sama juga menjaring fans-fans baru yang masih muda yang merupakan fans nya Adam Lambert juga. Udah gitu di 2011 kemaren kan QUEEN juga ngeluarin versi remastered albumnya dari yang pertama sampe yang terakhir. Dengan adanya Adam Lambert yang nyanyiin lagu-lagu lawasnya QUEEN, kemungkinan opa-opa yahud itu berharap penjualan para album remastered itu juga bakal meningkat. Gitu.

Kemaren juga sempet kita bete bareng-bareng pas ngobrolin soal QUEEN + Adam Lambert ini. Bete kenapa? Bete karena Indonesia dilewatin begitu aja sama gerombolan yahud ini untuk berkonser. Sementara New Zealand yang negaranya cuma secimit dikonserin aja gitu sama mereka.

Urutannya jadi: North America -> South Korea -> Japan -> Australia -> New Zealand

PADAHAL KAN INDONESIA SAMA AUSTRALIA DEKEEETTT~~~ TETANGGAAANNN~~~ T-T

Tapi menurut gosyip yang beredar di grup Queenindo, tahun depan QUEEN + Adam Lambert bakal bikin gaduh di Indonesia bulan Oktober. Semoga aja gosip tersebut tak hanya sebatas gosip. Gue harus mulai rajin nabung dari sekarang nih kalo gitu. Pasti kali ini harga tiket konsernya sesuai dengan ekspektasi gue. Akan ada kata 'juta' di belakangnya. Gag kayak pas MIKA konser di mari.

Sebenernya gue mau naro video konser QUEEN + Adam Lambert di iHeart Radio sama yang di Kiev di mari. Cuma tadi pas gue cari lagi di yutub, pidionya udah gag ada. Gue cukup beruntung udah donlod pidionya sebelom itu pidio ngilang di yutub. Jadi buat yang pen nonton 2 pidio konser QUEEN + Adam Lambert yang udah gag ada lagi di yutub, yuk sini samperin gue buat nonton bareng. Jan lupa bawain sajen berupa udud dan/atau Happy Tos + susu coklat Ultra 1 liter ya. ;)


That's all, folks!

No comments:

Post a Comment