Friday 25 March 2011

Poligami

Topik ini terinspirasi dari kelakuan Ahmad Dhani yang heboh bin lebay dalam membenarkan dan menyebarkan pemikirannya tentang poligami.

Awalnya mau bahas topik ini sama @perlitamercury dan @floriazulvi di twitter Jumat malem. Tapi apa daya. Jumat malem mereka berhalangan. Tapi keesokan paginya @floriazulvi ngajakin lagi. Akhirnya terealisasi juga ngetwit tentang poligami.

Disini yang mau gue tuangin adalah pikiran dan pendapat gue tentang poligami. Tapi ada beberapa yang gue kutip juga dari twitnya @floriazulvi.
Seperti yang kita tahu, poligami itu banyak dilakukan sama pria2 yang menurut gue salah kaprah. Kenapa? Karena mereka selalu ngumpet di fakta kalo Nabi Muhammad juga melakukannya. Tapi, hei, Beliau menikahi janda2 yang suaminya meninggal karena perang. Dan lagi, janda2 itu udah nenek2. Kita lihat sekarang. Yang dijadikan istri kedua -atau kesekian- justru yang masih muda dan segar. Disebut apa kalo bukan nafsu?

Banyak pria yang santai aja poligami karena kata mereka istri pertama sudah mensetujui dan juga slow2 aja suaminya poligami. Wahai pria, selamat ya kalian udah dibohongin. Ingat, perempuan itu pembohong yang sangat lihai kalo soal perasaannya. Bisa aja di permukaan mereka terlihat tabah dan tegar, tapi siapa yang tau kalo hatinya terasa ngilu pas liat suaminya pergi untuk nemuin istri kedua.

Buat gue, perempuan yang mau dipoligami suaminya itu munafik dan bego. Kenapa munafik? Iyalah, ada gitu yang mau dapet cinta yang setengah2? Maksud gue, kalo nikah itu kan pake cinta. Full cinta dari suami ke istri dan begitupun sebaliknya. Kalo si suami poligami, artinya cintanya juga dibagi2 buat istri yang lain.

Bego, karena udah tau cuma dapet setengah -atau bahkan kurang- dari seharusnya, masih aja mau dipoligami. Cinta? Makan tuh cinta! Si istri ngasih cintanya full tapi suami cuma ngasih setengah. Gag adil namanya. Bukannya pamrih. Tapi yang gue tau soal pernikahan adalah SALING mencintai satu sama lain. Kalo cuma dikasih setengah, kasian banget.

Tuhan udah menciptakan manusia sepasang2. Terbukti dari yang pernah gue baca di Alkitab dan Al Quran. Hawa tercipta dari SATU tulang rusuk Adam. Maka sesungguhnya satu perempuan untuk satu laki-laki. Gag bisa lebih.

Sebelum menikah menurut gue adalah proses pencarian tulang rusuk laki-laki yang hilang. Nah kalo dah nikah, itulah tulang rusuknya. @floriazulvi nanya, gimana kalo ternyata tulang rusuknya itu ada di istri kedua? Gimana kalo cerai aja? Buat gue itu jauh lebih baik dari pada poligami. Walaupun itu dibenci Tuhan, tapi Tuhan pasti benci juga kan liat ciptaannya ngilu seumur hidup? Kalo cerai itu ngilunya cuma di awal.

Ngebayangin harus pisah sama orang yang kita harap untuk selamanya tapi ternyata harus berakhir emang ngilu. Tapi hidup berjalan. Kita gag sama orang yang (kita harap) buat seumur hidup but by the time kita bisa nemuin orang yang tepat buat nemenin kita seumur hidup. Yang ngasih cinta full dan gag kebagi. Daripada dipoligami, ngilunya seumur hidup karena kalimat 'Till death do us part' kan. Jadi harus nunggu salah satu meninggal dulu -entah si suami atau si istri- baru ngilunya ilang.

Selain itu, poligami cuma nunjukkin kalo si pelaku itu gag pede akan kejantanannya. Mereka menganggap dengan banyak perempuan, dia akan terlihat jantan. Buat gue, gag sama sekali.

Buat yang dijadiin istri kedua juga gag enak sebenernya. Karena gag diakuin negara -nikah siri- maka dia gag punya kekuatan hukum buat nuntut haknya. Entar gimana kalo tiba2 si suami ninggalin dia setelah punya anak? Kasian anaknya juga. Susah bikin akte kelahiran, dicemooh, etc etc. Wah pokoknya ribet dah!

Kesimpulan dari tulisan gue ini mau nunjukkin kalo perempuan SELALU jadi korban. Mending korban fisik, korban perasaan cong. Membunuh pelan2 loh itu. Dan jangan lupakan juga anak2. Kasian gag sih kalo anak kita gag punya status yang jelas? Hubungan tanpa status aja gag asik.

Wahai para laki-laki jantan seluruh dunia, mari tolak poligami. Satu istri cukup. Kalo masih gag yakin apakah dia perempuan yang memiliki tulang rusuk kalian, jangan dinikahi kalo nantinya kalian malah poligami.

Well, tengkyu ya buat yang udah nyempetin baca 'sampahan' gue. Ini terjadi tak lain adalah karena gue gregetan sama kelakuan Ahmad Dhani. :)

No comments:

Post a Comment